STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS 8 PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

SAFIRA IZZATUN NI'MAH (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS 8 PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karakter mandiri merupakan nilai-nilai kemandirian yang melandasi tingkah laku disetiap individu. Karakter mandiri dapat terbentuk dengan adanya suatu program kegiatan pendidikan yang diajarkan di dalam sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pendidik dalam menanamkan karakter mandiri siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter mandiri siswa di era pandemi sekarang ini ialah dengan (1) menggunakan strategi perencanaan yang dimana pendidik akan melakukan hal-hal yang seharusnya disiapkan terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Strategi pelaksanaan dimana pendidik akan menginstruksikan penggunaan media pembelajaran dengan melalui tahapan pendahuluan, tahapan inti, dan tahapan penutup dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran. (3) Strategi evaluasi pembelajaran pendidik akan melakukan pengevaluasian melalui hasil pencapaian nilai peserta didik. (4) Faktor kendala berupa kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, ekonomi, dan pengaksesan internet disetiap peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru PAI, karakter mandiri, pembelajaran daring.
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:04
Last Modified: 08 Sep 2022 06:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33610

Actions (login required)

View Item
View Item