SAFIRA IZZATUN NI'MAH (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS 8 PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (3MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (383kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab I.pdf
Download (160kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (571kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Karakter mandiri merupakan nilai-nilai kemandirian yang melandasi tingkah laku disetiap individu. Karakter mandiri dapat terbentuk dengan adanya suatu program kegiatan pendidikan yang diajarkan di dalam sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pendidik dalam menanamkan karakter mandiri siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter mandiri siswa di era pandemi sekarang ini ialah dengan (1) menggunakan strategi perencanaan yang dimana pendidik akan melakukan hal-hal yang seharusnya disiapkan terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Strategi pelaksanaan dimana pendidik akan menginstruksikan penggunaan media pembelajaran dengan melalui tahapan pendahuluan, tahapan inti, dan tahapan penutup dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran. (3) Strategi evaluasi pembelajaran pendidik akan melakukan pengevaluasian melalui hasil pencapaian nilai peserta didik. (4) Faktor kendala berupa kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, ekonomi, dan pengaksesan internet disetiap peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru PAI, karakter mandiri, pembelajaran daring. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:04 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33610 |