DIMAS YANUARI PRATAMA (2022) KESALAHAN BERBAHASA BERDASARKAN TAKSONOMI KOMPARATIF DALAM NASKAH PIDATO BAHASA JEPANG (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP NASKAH PIDATO MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021 - 2022). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (913kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Bab I.pdf
Download (386kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (361kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (677kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (875kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (760kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Kesalahan berbahasa dianggap sebagai ganguan berbahasa dalam second language acquisition (SLA) dan pemrosesan informasi linguistik. Kesalahan ini sering dialami oleh pengguna B2, terlebih pemelajar bahasa kedua, ketiga, dan seterusnya. Penelitian ini dilakukan guna mengintropeksi kesalahan berbahasa yang digunakan oleh pemelajar, khususnya pada kesalahan berbahasa yang menggiring permasalahan kearah jenis kesalahan berbahasa taksonomi komparatif dalam naskah pidato yang ditulis oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2021 - 2022 dengan mata kuliah Jitsuyou Kaiwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari analisis data yang telah dikumpulkan dari penelitian ini, terdapat 111 data kesalahan berbahasa menurut kategori taksonomi komparatif, dimana masing-masing kesalahan, yaitu kesalahan interlingual terdapat 36 data, kesalahan intralingual sebanyak 68 data, kesalahan ambigu dengan lima data, dan kesalahan unik sejumlah dua data. Dari keseluruhan data, kesalahan berbahasa yang paling menonjol dari hasil karya mahasiswa adalah kesalahan intralingual dengan persentase kesalahan 61,26%. Terlihat dari jenis kesalahan, mahasiswa kebanyakan kurang dalam pengembangan ilmu pengetahuan pada B2 yaitu Bahasa Jepang. Oleh karena itu, tahap selanjutnya, peneliti bermaksud untuk memberikan solusi pada setiap jenis kesalahan pada data sehingga untuk selanjutnya dapat meminimalisir dalam berbahasa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LANGUAGE ERRORS, COMPARATIVE TAXONOMY, SPEECH SCRIPT, LEARNER, JITSUYOU KAIWA |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:26 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 04:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33630 |