THE CROSS-CULTURAL ACCAPTANCE OF JAPANESE ANIMATION, ANALYSIS OF SOCIAL MEDIA

RIZA ARDYARAMA (2022) THE CROSS-CULTURAL ACCAPTANCE OF JAPANESE ANIMATION, ANALYSIS OF SOCIAL MEDIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERKEMBANGAN DAN PENYEBARAN BUDAYA ASING TIDAK HANYA SEBATAS DISTRIBUSI OFFLINE MELALUI EVENT ATAU GERAKAN OFFLINE LAINNYA. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGANALISIS MEDIA SOSIAL MELALUI #ANIME DI MEDIA SOSIAL TWITTER UNTUK MENGETAHUI PENYEBARAN BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI HASHTAG #ANIME. DATA LITERATUR ILMIAH DIAMBIL DARI HASTAG DI MEDIA SOSIAL TWITTER YANG BERFOKUS PADA KOMUNITAS #ANIME. KATA KUNCI YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH GERAKAN MEDIA SOSIAL DAN ANIME. ANALISIS DATA MENGGUNAKAN METODE ANALISIS JEJARING SOSIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI DAN MEMETAKAN GERAKAN SOSIAL SERTA MENJELASKAN POSISI SIMPUL-SIMPUL SNA YANG AKTIF MENGKAMPANYEKAN ISU-ISU TERSEBUT. DALAM MENGANALISIS DATA, PENELITI MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK WEB NETRAY-ID. HASIL ANALISIS DATA MENJAWAB BAHWA ADA BANYAK HASHTAG DARI #ANIME YANG MERUPAKAN HASHTAG PADA UMUMNYA; DI HASHTAG INI, ADA HASHTAG YANG MENGARAH KE JUDUL SERIAL ANIME #ONEPIECE, #AOT, #JUJUTSUNOKAISEN. PLATFORM MEDIA SOSIAL TWITTER MELALUI #ANIME MEMBAHAS INFORMASI SEPUTAR ANIME, COSPLAY KARAKTER, ANIME SEASON MENDATANG. KEMUDIAN LAKUKAN DISKUSI TERKAIT PREDIKSI EPISODE ALUR CERITA. PENELITIAN INI MENEMUKAN ADANYA LINTAS BUDAYA DI MEDIA SOSIAL TERKAIT ANIME. DENGAN ADANYA FENOMENA PROMOSI #ANIME DI MEDIA SOSIAL TWITTER MELALUI KOMUNITAS DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA JEPANG DI INDONESIA, PEMINATNYA MULAI BANYAK, DAN MASYARAKAT MEMAHAMI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ANIME, JAPANESE CULTURE, SOCIAL MEDIA.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Sep 2022 05:46
Last Modified: 08 Sep 2022 05:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33631

Actions (login required)

View Item
View Item