MANAJEMEN PRODUKSI KONTEN DIGITAL AKUN INSTAGRAM @JOGJATV DI ERA PANDEMI COVID-19

DWI APRILIYANTI (2022) MANAJEMEN PRODUKSI KONTEN DIGITAL AKUN INSTAGRAM @JOGJATV DI ERA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PT Yogyakarta Tugu Televisi atau yang biasa dikenal dengan JogjaTV adalah stasiun televisi lokal swasta pertama di Yogyakarta yang memproduksi konten digital melalui Instagram dengan konsep video berita yang berisi issue paling update, viral, unik, dan berfokus di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Maraknya media konvensional yang merambah ke dunia digital di tengah pandemi ini membuat JogjaTV memanfaatkan teknologi seperti sosial media Instagram untuk mempertahankan audiens dan eksistensi media. Hal ini membuat persaingan antar media semakin meningkat serta menjadi indikasi bahwa masyarakat sering mengakses konten melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah tentang bagaimana manajemen produksi konten digital akun Instagram @JogjaTV di era pandemi Covid-19. “Teori yang digunakan adalah The Circular Model of Some oleh Regina Luttrell dalam bukunya Media Sosial How to Engage, Share, and Connect. Metode penelitian ini ialah descriptive research dengan pendekatan kualitatif”. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi ke kantor dan tempat produksi JogjaTV, studi pendahuluan, dokumentasi serta arsip yang berkaitan dengan manajemen produksi konten digital akun Instagram @JogjaTV. “Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber untuk teknik keabsahan data”. JogjaTV menggunakan konten yang telah tersedia untuk mengurangi pengeluaran perusahaan, di antaranya tayangan program berita Seputar Jogja. Oleh sebab itu, transisi dari media konvensional ke media digital membutuhkan paradigm shift yang mendasar di ruang redaksi agar mendapatkan konten yang berkualitas serta dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat di era pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DIGITAL MEDIA, MEDIA MANAGEMENT, COVID-19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:19
Last Modified: 08 Sep 2022 04:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33634

Actions (login required)

View Item
View Item