DANANG ADI PRADANA (2022) EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS MERANGKUM UNTUK MENINGKATKAN NILAI SANTRI KELAS SEPULUH DI PONDOK ASSALAAM TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (862kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (640kB)
Bab I.pdf
Download (676kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (922kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (648kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (558kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi keinginan peneliti untuk mengetahui seberapa efektifkah penggunaan metode merangkum materi ini dalam membantu siswa untuk meningkatkan nilai dalam mata pelajaran bahasa Arab di Pondok Modern Assalaam Temanggung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa dalam menambah pengetahuan tentang materi yang telah diajarkan atau menguatkan hafalan tentang materi dengan cara merangkum, dan selain itu juga bisa untuk menambah informasi terkait dengan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah merangkum materi. Pada penelitian ini peneliti berfokus pada kegiatan merangkum materi yang kemudian dari itu bisa diketahui apakah metode ini berpengaruh efektiv atau tidak. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang langsung dilakukan atau pada responden langsung di lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 03 siswa kelas X MA Assalaam Temanggung dari 03 populasi. teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan juga analisis dokumen. penelitian ini menggunakan uji SPSS 52. Setelah data terkumpul maka akan melewati 4 uji selanjutnya, uji tersebut adalah pengumpulan nilai atau variabel data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Dari hasil tes didapatkan nilai rata rata siswa sebelum melakukan kegiatan merangkum sebesar 77,2 dan rata rata setelah melakukan kegiatan merangkum sebesar 87 yang menandakan bahwa terjadi kenaikan nilai siswa setelah melakukan kegiatan merangkum materi, dan hasil akhir menunjukan bahwa T tabel labih besar dengan nilai 3,342 dari pada T hitung dengan nilai sebesar 1.107, yang artinya terdapat pengaruh yang positif terhadap nilai santri setelah melakukan kegiatan merangkum materi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MERANGKUM, BAHASA ARAB, NILAI |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 03:11 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 03:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33646 |