MERIANA EKA SAPUTRI (2022) KEEFEKTIFAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X MAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (295kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Bab I.pdf
Download (175kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (555kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Metode pembelajaran adalah suatu komponen yang penting dalam suatu pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran serta penggunaan media belajar juga dapat berpengaruh pada proses dan hasil belajar. Metode belajar yang diterapkan pada saat pembelajaran pandemik kurang efektif untuk pembelajaran daring khususnya Bahasa Jepang. Terdapat empat aspek yang harus dikuasai yaitu: membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara, keterampilan menyimak atau mendengarkan adalah keterampilan yang sangat penting. Penguasaan keterampilan menyimak akan berpengaruh pada penguasaan lainnya.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas serta respon siswa melalui metode discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menyimak Bahasa Jepang siswa MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain quasi experiment, teknik pengumpulan data menggunakan post-test pre-test dan angket. Penelitian dilaksanakan pada siswa X Bahasa MAN 02 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan metode discovery learning dengan dilihat hasil post-test yang dibuktikan dengan t-hitung=4,709 untuk db=21 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2.07961 berarti metode discovery learning dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak Bahasa Jepang siswa pada proses pembelajaran baik daring aupun luring.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DISCOVERY LEARNING, LISTENING ABILITY, JAPANESE LANGUAGE |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:38 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 03:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33661 |