ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI MAHASISWA ASING BELAJAR BAHASA ARAB DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

LINDA WATI (2022) ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI MAHASISWA ASING BELAJAR BAHASA ARAB DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan motivasi mahasiswa asing belajar bahasa Arab di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan juga seperti apa faktor pendukung dan penghambatnya dalam pembelajaran bahasa Arab di Pendidikan Bahasa Arab. Mengingat jurusan ini merupakan jurusan baru di Universitas meski sudah mendapatkan akreditasi A akan tetapi belum mendapatkan Akreditasi Internasional.

Penelitian yang digunakan oleh peneliti berupa metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data utama untuk penelitian ini berupa wawancara terstruktur yang dilakukan bersama subjek penelitian. Sementara teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah model analisis data Miles dan Huberman (1984) yaitu dengan cara mengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan hasil.

Dari hasil penelitian yang diteliti bahwasanya minat mahasiswa asing belajar bahasa arab di Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memang tinggi salah satu alasannya karena di Pendidikan Bahasa Arab tidak hanya mempelajari bahasa akan tetapi juga mempelajari pendidikannya. Motivasi mahasiswa asing untuk belajar bahasa Arab ada dua yaitu motivasi intrinsik yang berasal dari dalam diri sendiri adalah keinginan yang kuat dari mahasiswa asing untuk mempelajari bahasa Arab dan juga karena ingin lebih mengenal Indonesia dan budayanya. Motivasi ekstrinsik merupakan dorongan yang berasal dari luar, diantaranya karena beasiswa untuk mahasiswa asing yang ditawarkan Universitas, dan pembelajaran di kelas yang menggunakan bahasa Arab. Selain itu, adapun faktor penghambat dan pendukung selama pembelajaran di Pendidikan Bahasa Arab bagi mahasiswa asing. Faktor penghambat selama pembelajaran karena sebagian dosen menjelaskan materi menggunakan bahasa Indonesia begitupun dengan teman-teman yang lainnya yang masih berdiskusi dengan bahasa Indonesia. Sementara untuk faktor pendukungnya adalah karena semangat belajar yang tinggi diantara para mahasiswa sehingga dapat memotivasi mahasiswa asing untuk lebih bersemangat juga seperti teman yang lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat, motivasi, belajar bahasa Arab
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 10 Sep 2022 03:04
Last Modified: 10 Sep 2022 03:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33674

Actions (login required)

View Item
View Item