KEEFEKTIFAN INSTAGRAM “STUDYIN.JAPANESE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG

RADEN RORO LAYUNG PERMATA SARI (2022) KEEFEKTIFAN INSTAGRAM “STUDYIN.JAPANESE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti media pembelajaran menggunakan media sosial instagram sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur keefektifan akun instagram “studyin.japanese” sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang. Selain itu angket dibagikan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa PBJ UMY Tingkat II Tahun Ajaran 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimental murni. Sampel data berjumlah 30 dan pengambilan data diambil melalui angket dan tes. Analisis tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok kontrol eksperimen lebih kecil dari nilai rata-rata kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya, hasil perhitungan keefektifan pembelajaran penggunaan media instagram “studyin.japanese” tidak efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Hasil angket keseluruhan responden sangat setuju bahwa penggunaan media “studyin.japanese” dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang dapat dijadikan media alternatif pembelajaran kosakata bahasa Jepang serta mahasiswa merasa termotivasi dan mudah dalam menghafal kosakata bahasa Jepang

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Media, Kosakata, Instagram, “studyin.japanese”
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 10 Sep 2022 02:52
Last Modified: 10 Sep 2022 02:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33690

Actions (login required)

View Item
View Item