OPTIMALISASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH MAJELIS TABLIGH PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH

HASAN IBNU SALAM (2022) OPTIMALISASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH MAJELIS TABLIGH PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di era milenial ini dakwah benar-benar harus memanfaatkan media, utamanya media baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi Youtube sebagai media dakwah pada channel Youtube Majelis Tabligh Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui metode wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam optimalisasi Youtube Majelis Tabligh Muhammadiyah terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu perencanaan, pengawasan, dan memahami algoritma Youtube. Optimalisasi Youtube pada channel Youtube Majelis Tabligh Muhammadiyah meliputi penggunaan fitur- fitur yang ada pada media sosial Youtube seperti: beranda, video, playlist, komunitas, channel, tentang, subscribe, tanda suka dan tidak suka, live (siaran langsung). Ada dua kendala yang dialami oleh tim media Youtube Majelis Tabligh Muhammadiyah dalam penggunaan Youtube sebagai media dakwah dan optimalisasi. Pertama, Tim yang kurang memiliki basic/ skill dasar dalam mengelola media, mengoperasikan kamera, dan alat- alat pendukung, sehingga mengharuskan tim untuk terus belajar. Kedua, sulitnya mengarahkan narasumber dan host agar sadar kamera, karena kebanyakan dari narasumber dan host belum terbiasa dengan model pengajian online, yang biasanya dulu pengajian dengan tatap muka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: OPTIMIZATION, YOUTUBE, MEDIA DA'WAH, MAJELIS TABLIGH, PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 10 Sep 2022 02:49
Last Modified: 10 Sep 2022 02:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33693

Actions (login required)

View Item
View Item