ARIF ADI NURAHMAN (2022) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MAN 2 KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (363kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab I.pdf
Download (138kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (734kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dengan seiring adanya kemajuan zaman, memberikan dampak yang tidak bisa kita pungkiri, entah itu dampak positif maupun dampak negatif didalamnya. Hal inilah yang bisa menjadi faktor adanya degradasi moral di kalangan pelajar ataupun pemuda saat ini. Dengan adanya hal ini, maka diperlukanlah sesuatu hal yang bisa menjadi filter bagi mereka agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang bertentangan dengan moral. Dimana pendidikan agama Islam terkhususnya mata pelajaran Aqidah Akhlaq seharusnya mampu menjadi filter akan fenomena tersebut. Agar tujuan dari pembelajaran aqidah akhlaq bisa tercapai, maka diperlukanlah proses pembelajaran yang tepat dan efektif yang memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru, sehingga dengan pemahaman ini bisa diimplementasikan dalam kehidupan seharihari dan bisa menjadi karakter di dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui model pembelajaran yang efektif, dan 2) mengetahui karakter siswa yang terbentuk. Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang efektif dan tepat, mampu memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami materi. Adapun model pembelajaran yang efektif digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning, Inquiry Learning, dan Discovery Learning. Sedangkan, sikap atau perilaku siswa MAN 2 Kulon Progo secara keseluruhan cukup baik dan terkendali, dengan karakter yang terbentuk dan terlihat diantaranya jujur, religius, peduli sosial, gemar membaca, mandiri, toleransi, dan tanggung jawab. Walaupun tetap ada satu-dua siswa yang berperilaku sebaliknya, dikarenakan perilaku siswa tidak hanya berfaktor dari sekolah saja, tetapi juga dari lingkungan pertemanan, masyarakat dan keluarga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, AQIDAH AKHLAQ, KARAKTER LEARNING MODEL, AQIDAH AKHLAQ, CHARACTER |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 04:09 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 04:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33787 |