DIDIK IMAN MARGATOT (2022) EFEKTIFITAS PROGRAM KELOMPOK IBU PEDULI ANAK STUNTING BERBASIS APLIKASI WHATSAPP DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENCEGAHAN STUNTING PADA BALITA DI SENDANGSARI, KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (897kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (671kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (557kB)
Bab I.pdf
Download (2MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (916kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (877kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (730kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (573kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (674kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
LATAR BELAKANG: STUNTING MERUPAKAN MASALAH GIZI GLOBAL UTAMA PADA ANAK DIBAWAH USIA 5 TAHUN. KEJADIAN STUNTING DI INDONESIA DIPENGARUHI OLEH FAKTOR IBU SEPERTI PENGETAHUAN IBU DAN LINGKUNGAN RUMAH. PEMBERIAN EDUKASI PADA IBU DAPAT DILAKUKAN DENGAN BERBAGAI MACAM CARA, DIANTARANYA DENGAN MEMANFAATKAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEPERTI WHATSAPP. TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGANALISA EFEKTIFITAS PEMBERIAN EDUKASI PADA IBU BALITA BERBASIS WHATSAPP GROUP DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENCEGAHAN STUNTING PADA BALITA.
METODE: PENELITIAN INI MENGGUNAKAN DESAIN QUASY EXPERIMENT DENGAN PENDEKATAN PRE POST WITH CONTROL GROUP DESIGN. TOTAL SAMPEL PADA PENELITIAN INI YAITU 80 RESPONDEN YANG DIBAGI MENJADI 2 KELOMPOK. KELOMPOK INTERVENSI 40 RESPONDEN DIBERIKAN EDUKASI SECARA ONLINE SELAMA 4 KALI DALAM 4 MINGGU, SEDANGKAN 40 RESPONDEN KELOMPOK KONTROL DIBERIKAN EDUKASI SECARA OFFLINE. TEKNIK SAMPLING YANG DIGUNAKAN ADALAH STRATIFIED RANDOM SAMPLING DAN UJI ANALISIS DATA MENGGUNAKAN WILCOXON DAN MANN-WHITNEY TEST.
HASIL: ANALISIS HASIL TERDAPAT PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU YANG SIGNIFIKAN PADA KEDUA KELOMPOK SEBELUM DAN SESUDAH INTERVENSI DENGAN P VALUE 0,001 (P VALUE 0,001 YANG ARTINYA TERDAPAT EFEKTIFITAS DALAM PEMBERIAN EDUKASI IBU BALITA BERBASIS APLIKASI WHATSAPP TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU PENCEGAHAN STUNTING.
KESIMPULAN: PENELITIAN INI MEMBUKTIKAN BAHWA PEMBERIAN EDUKASI BERBASIS APLIKASI WHATSAPP GROUP SANGAT EFEKTIF DIBERIKAN KEPADA IBU BALITA DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENCEGAHAN STUNTING.
SARAN: PERLU DILAKUKAN PENELITIAN LANJUTAN TERKAIT PEMANFAATAN FITUR/MEDIA PEMBELAJARAN LAIN YANG TERSEDIA DI APLIKASI WHATSAPP YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK PEMBERIAN EDUKASI PADA IBU BALITA TENTANG PENCEGAHAN STUNTING
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTHER GROUP, EDUCATION, WHATSAPP GROUP, STUNTING |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 03:03 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 03:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33837 |