Arda Fatkhul Khoiriyah (2021) EFEKTIVITAS MODUL CERIA (CARA EFEKTIF DAN RIANG ASUH ANAK) TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG POLA ASUH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (578kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Bab I.pdf
Download (577kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (310kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (592kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Latar Belakang : Tingkat pengatahuan ibu tentang pola asuh anak masih kurang, padahal menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak. Pola asuh demokratis adalah pola asuh terbaik yang akan menghantarkan anak memiliki karakter mandiri, dapat mengontrol diri, mempunyai hubungan baik dengan teman, dan mampu menghadapi stres. Pola asuh otoriter dan permisif dapat berdampak negatif terhadap kepribadian dan kehidupan anak di masa mendatang. Meningkatkan pengetahuan Ibu tentang pola asuh anak sangat dibutuhkan agar tumbuh kembang anak menjadi optimal. Tujuan : Menganalisis efektivitas modul CERIA (Cara Efektif dan Riang Asuh Anak) terhadap pengetahuan ibu tentang pola asuh anak. Desain Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dan menggunakan desain penelitian pretest and posttest control group design. Subjek penelitian adalah Ibu dengan anak berusia 6-12, tinggal serumah dengan keluarga inti, yaitu suami dan anak kandung, dapat membaca, dan bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang dibuat berdasarkan materi pada modul CERIA yang sudah divalidasi oleh expert. Hasil : Penelitian melibatkan 46 Ibu dengan anak usia 6-12 tahun, dibagi dua menjadi 23 ibu kelompok intervensi dan 23 ibu kelompok kontrol. Pengisian kuesioner dilakukan sebelum dan setelah pemberian intervensi dalam 2 minggu. Didapatkan hasil penelitian berupa subjek penelitian ibu dengan anak 6-12 tahun didominasi oleh ibu rumah tangga. Kelompok intervensi didominasi pendidikan terakhir SMA/SMK (65,2%) sedangkan kelompok kontrol didominasi S1 (43,5%). Hasil uji komparatif dua kelompok berpasangan pada kelompok intervensi yang diuji dengan uji Paired T Test tidak didapatkan adanya pengaruh modul CERIA terhadap pengetahuan ibu (sig. 0.953), perbedaan antara pretest (sig. 0.731), dan posttest (sig. 0.252). Kesimpulan : Penelitian ini tidak didapatkan pengaruh bermakna pemberian modul CERIA terhadap pengetahuan Ibu tentang pola asuh. Kata kunci : Pola Asuh, Pengetahuan Ibu, Modul CERIA</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 02:56 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3421 |