MUTIA CHORIMAH HANDOYO (2022) PERAN ORANG TUA PADA PEMBINAAN DISIPLIN ANAK DI TK AL-BAROKAH PONDOK REJEKI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (915kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
Bab I.pdf
Download (530kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (341kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (310kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (781kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Peran orang tua sangat penting bagi anak karena orang tua merupakan tempat pendidikan bagi anak sebelum anak mendapatkan pendidikan dari luar rumah. pada kenyataannya masih terdapat orang tua yang hanya mengandalkan sekolah saja tanpa menerapkan disiplin tersebut di dalam rumah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk disiplin apa saja yang sudah diterapkan di sekolah, untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mendukung proses penerapan disiplin pada anak usia dini, dan bagaimana peran orang tua pada pembinaan disiplin anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa bentuk disiplin di sekolah yaitu dengan memakai seragam, datang ke sekolah tepat waktu, tertib di dalam kelas, mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh guru dan guru telah menerapkan disiplin yang sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan. Peran orang tua pada pembinaan disiplin anak di TK Al-Barokah sebagian besar sudah berjalan dengan baik. Orang tua sudah menjalankan perannya dengan baik. Seperti membuat dan menerapkan peraturan yang sederhana, bersikap terbuka jika tidak menyukai perilaku anak, membiasakan anak dalam memilih pilihan yang sudah ditetapkan oleh orang tua, dan juga menjadi teladan yang baik bagi anak. Disiplin yang diterapkan oleh orang tua dapat terwujud dengan baik karena adanya faktor pendukung di dalamnya. Orang tua yang bersikap demokratis, pemberian hadiah, dan perhatian orang tua yang menjadi faktor pendukung dalam terwujudnya disiplin anak usia dini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ROLE OF PARENTS, FORMS OF DISCIPLINE, EARLY CHILDHOOD, SUPPORTING FACTORS |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 04:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 04:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34405 |