NAWAL AUDAH (2022) INOVASI PEMBELAJARAN ISMUBA UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (304kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Bab I.pdf
Download (299kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (537kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (747kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran ISMUBA 2) Mendeskripsikan perilaku siswa yang menyimpang 3) Mengkaji hambatan yang di alami guru 4) Menemukan inovasi pembelajaran ISMUBA untuk memperbaiki karakter. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di SMP dan SMA Muhammadiyah yang berada di Daerah Istimewah Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru ISMUBA dan kepala sekolah yang berjumlah 23 guru Sekolah Menengah Pertama dan 24 guru Sekolah Menengah Atas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur. Analisis data menggunakan reduksi data, penyamPAIan data, verifikasi data. Hasil penelitian menunujukan bahwa: 1) suasa kelas ISMUBA SMP dan SMA tidak selalu kondusif. 2) karakter siswa SMP dan SMA melakukan prilaku menyimpang ketika tidak ada pengawasan. 3) hambatan yang di alami guru merupakan siswa yang tidak bisa membaca al-Qur’an dengan benar. 4) inovasi untuk mengatasi pembelajaran ISMUBA, kepala sekolah melakukan kerja sama terhadap seluruh lingkungan sekolah dan keluarga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ISMUBA LEARNING, STUDENT CHARACTER, TEACHER BARRIERS, ISMUBA LEARNING INNOVATION |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 07:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 07:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34452 |