INOVASI PEMBELAJARAN ISMUBA UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE DIY

NAWAL AUDAH (2022) INOVASI PEMBELAJARAN ISMUBA UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran ISMUBA 2) Mendeskripsikan perilaku siswa yang menyimpang 3) Mengkaji hambatan yang di alami guru 4) Menemukan inovasi pembelajaran ISMUBA untuk memperbaiki karakter. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di SMP dan SMA Muhammadiyah yang berada di Daerah Istimewah Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru ISMUBA dan kepala sekolah yang berjumlah 23 guru Sekolah Menengah Pertama dan 24 guru Sekolah Menengah Atas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur. Analisis data menggunakan reduksi data, penyamPAIan data, verifikasi data. Hasil penelitian menunujukan bahwa: 1) suasa kelas ISMUBA SMP dan SMA tidak selalu kondusif. 2) karakter siswa SMP dan SMA melakukan prilaku menyimpang ketika tidak ada pengawasan. 3) hambatan yang di alami guru merupakan siswa yang tidak bisa membaca al-Qur’an dengan benar. 4) inovasi untuk mengatasi pembelajaran ISMUBA, kepala sekolah melakukan kerja sama terhadap seluruh lingkungan sekolah dan keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ISMUBA LEARNING, STUDENT CHARACTER, TEACHER BARRIERS, ISMUBA LEARNING INNOVATION
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:42
Last Modified: 31 Aug 2022 07:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34452

Actions (login required)

View Item
View Item