MUHAMMAD RIZKI (2022) PENGARUH ADIKTIF GADGET TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (426kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Bab I.pdf
Download (147kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (672kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh adiktif gadget terhadap kecerdasan emosional dan sosial siswa Sekolah Dasar di kecamatan Kasihan Bantul. Jenis penelitian ini kuantitatif model korelasional. Populasi pada penelitian ini 39 siswa SD Negeri Kasihan Bantul, 35 siswa SD Negeri Karangjati Kasihan Bantul, 61 siswa SD Muhammadiyah Ambarbinangun, dan 15 siswa SD Brajan, sehingga jumlah keseluruhannya adalah 150 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan purposive random sampling yaitu tes dengan menggunakan angket dengan aplikasi P-KES-SD, data penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) tingkat adiktif gadget siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kasihan Bantul berkategori tinggi. Adapun aspek tertinggi adalah memberikan efek pada fisik, dan yang terendah adalah ketergantungan terhadap sesuatu dan dilakukan berulang – ulang. 2). Kecerdasan emosional siswa sekolah Dasar di Kecamatan Kasihan Bantul berkategori tinggi terdapat dalam aspek psikomotorik, dan terendah pada aspek kognitif, hal ini menunjukkan kurangnya pemahaman alasan siswa dalam melakukan perbuatan baik, seperti mengenali emosi diri, mengambil keputusan dan sebagainya. 3). Kecerdasan sosial siswa sekolah Dasar di Kecamatan Kasihan Bantul berkategori tinggi terdapat pada aspek psikomotorik, dan terendah adalah aspek kognitif. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman alasan siswa berperilaku menghormati orang lain, bertanggung jawab, kerjasama, toleransi, komunikatif efektif dengan orang lain. 4). Terdapat pengaruh adiktif gadget terhadap kecerdasan emosional dan sosial siswa Sekolah Dasar di kecamatan Kasihan Bantul dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 19, 7 % dan sisanya yaitu 80,3 % dipengaruhi oleh faktor yang lain, di antaranya adalah pola asuh, religiusitas, dan lingkungan atau teman sebaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADIKTIF GADGET, KECERDASAN EMOSIONAL DAN SOSIAL, SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:41 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34518 |