NANDA AULIYA RAHMAN (2022) HUBUNGAN INTENSITAS QUALITY TIME KELUARGA DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH GRIBIG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB)
Bab I.pdf
Download (668kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (652kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Orang tua merupakan pemegang peran sentral dalam pendidikan keluarga, maka hendaknya orang tua dapat membagi waktu dengan kesibukan di luar agar kecerdasan anak berkembang dengan baik, salah satunya adalah kecerdasan interpersonal. Akan tetapi, berdasarkan survey tahun 2011 ditemukan bahwa persentase orang tua yang menemani anak belajar hanya sebesar 11,1% dan sebagian besar orang tua lain sibuk dengan hal lain. Dari kenyataan tersebut, kemudian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kepada 68 responden dengan judul “Hubungan Intensitas Quality Time Keluarga Dengan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa SD Muhammadiyah Gribig” dengan beberapa tujuan (1) Untuk menganalisis hubungan intensitas quality time keluarga dengan kecerdasan interpersonal pada siswa SD Muhammadiyah Gribig. (2) Untuk menelaah intensitas quality time keluarga siswa SD Muhammadiyah Gribig. (3) Untuk menggali kecerdasan interpersonal siswa SD Muhammadiyah Gribig. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data studi lapangan. Data diperoleh dari angket/kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa intensitas quality time keluarga pada siswa SD Muhammadiyah Gribig menunjukkan tingkatan sedang dengan persentase 63,2% dan aspek yang paling tinggi terletak pada komunikasi dengan poin total 2356. Sedangkan kecerdasan interpersonal siswa SD Muhammadiyah Gribig tergolong tinggi dengan persentase 79,4% dan poin tertinggi adalah dimensi self awareness and understanding sejumlah 2656. Melalui uji korelasi bivariat diketahui bahwa nilai signifikansi kedua variabel sebesar 0,053 atau <0,05; sehingga tidak terjadi hubungan yang signifikan dan pearson correlation menunjukkan 0,236 atau ada korelasi rendah. Adapun faktor tingginya kecerdasan interpersonal bukan berasal dari intensitas quality time keluarga, melainkan dari program yang diselenggarakan oleh sekolah dan pendampingan dari saudara (kakak).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | QUALITY TIME INTENSITY, FAMILY, INTERPERSONAL INTELLIGENCE, STUDENTS. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:43 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34520 |