MELINIA NUR AIDAH (2022) PROFESIONALITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN POTENSI BELAJAR SANTRI (STUDI KASUS PADA SANTRI TUNARUNGU DI PESANTREN ABATA TEMANGGUNG). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (693kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
Bab I.pdf
Download (163kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (940kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
GURU MERUPAKAN SALAH SATU UNSUR PENDIDIKAN YANG SANGAT PENTING DALAM PROSES PEMBELAJARAN. DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN, GURU AKAN MENJADI UJUNG TOMBAK MELALUI INTERAKSI LANGSUNG DENGAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. OLEH SEBAB ITU, DALAM PROSES PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN PERLU ADANYA GURU YANG QUALIFIED, ARTINYA ADALAH SEORANG GURU HARUS MENGUASAI DASAR-DASAR PENDIDIKAN, MATERI PEMBELAJARAN, DAN METODE PENDIDIKAN. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK: 1) UNTUK MENGETAHUI PROFESIONALITAS YANG DIMILIKI OLEH GURU DI PESANTREN ABATA TEMANGGUNG TEMANGGUNG. 2) UNTUK MENGANALISIS POTENSI BELAJAR YANG DIMILIKI SANTRI TUNARUGU DI PESANTREN ABATA TEMANGGUNG TEMANGGUNG. 3) UNTUK MENEMUKAN STRATEGI YANG DILAKUKAN GURU DALAM PENGEMBANGAN POTENSI BELAJAR SANTRI TUNARUNGU DI PESANTREN ABATA TEMANGGUNG. JENIS PENELITIAN INI MERUPAKAN PENELITIAN LAPANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KUALITATIF. LOKASI PENELITIAN BERADA DI PESANTREN ABATA TEMANGGUNG, DENGAN SUBYEK PENELITIAN ANTARA LAIN KEPALA SEKOLAH, TIGA ORANG GURU, DAN DUA USTADZAH PENDAMPING ASRAMA. TEKNIK PENGUMPULAN DATA BERUPA WAWANCARA, OBSERVASI, DAN DOKUMENTASI. DALAM PEMERIKSAAN KREDIBILITAS DALAM MENGOLAH DATA, PENELITI MENGGUNAKAN TEKNIK TRIANGULASI SUMBER. ANALISIS DATA MENGGUNAKAN KONDENSASI DATA, DISPALY DATA, DAN VERIFIKASI. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA: 1) GURU DI PESANTREN ABATA TEMANGGUNG BELUM MENCAPAI SELURUH PERSYARATAN MENJADI GURU PROFESIONAL YANG TELAH DISEBUTKAN DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 YAITU MEMILIKI KUALIFIKASI AKADEMIK DAN SERTIFIKASI PENDIDIK. NAMUN DEMIKIAN, GURU DI PESANTREN ABATA TEMANGGUNG SUDAH DAPAT MENGUASAI KOMPETENSI-KOMPETENSI GURU YANG TERCANTUM DALAM UNDANG-UNDANG. 2) POTENSI BELAJAR YANG DIMILIKI SANTRI TUNARUNGU DI PESANTREN ABATA TEMANGGUNG TERBILANG BAIK. NAMUN DEMIKIAN PERLU ADANYA PENGULANGAN DAN PEMBIASAAN YANG BERKALA AGAR PENGETAHUAN YANG TELAH DIDAPATKAN SANTRI TUNARUNGU DI PESANTREN ABATA TEMANGGUNG TIDAK MUDAH HILANG. SELAIN ITU PESANTREN ABATA MENGGUNAKAN TES TIPE KECERDASAN STIFIN UNTUK MEMBANTU TENAGA PENDIDIK DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DAN MENERAPKAN STRATEGI BELAJAR YANG SESUAI DENGAN KEPRIBADIAN MASING-MASING PESERTA DIDIK. 3) STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN DI PESANTREN ABATA ADALAH PEMBELAJARAN VERBAL. ADAPUN METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN BERUBA METODE DEMONSTRASI, METODE SOSIODRAMA, METODE SIMULASI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROFESIONALITAS, POTENSI BELAJAR, DAN SANTRI TUNARUNGU |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 09:55 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 09:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/34532 |