PUTRA RAHAYU NADI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (779kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Bab I.pdf
Download (195kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (930kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (429kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran IT pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran IT terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini yaitu siwa kelas VIII yang berjumlah 223. Sample berjumlah 64 dengan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan perhitungan pada analisis data dalam penelitian ini, menunjukkan hasil penelitian bahwa (1) Media pembelajaran IT yang digunakan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam kategori tinggi, dengan persentase sebesar 66%, (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama islam kelas VIII di di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta memiliki motivasi belajar dengan kategori tinggi, yaitu sebanyak 30 siswa dari 64 siswa dengan persentase 47%, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran IT yang digunakan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Persentase pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar sebesar 33,9% dilihat dari tabel Model Summery yang ditujukkan pada angka R square sebesar 0,339. Adapun persamaan garis regresinya adalah Y = 42.679+ 0,582 X.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IT Learning Media, Learning Motivation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:43 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35313 |