SEJARAH DAN NILAI-NILAI HUMANIS PENDIDIKAN ISLAM (PANDANGAN ABDURRAHMAN MAS'UD DAN ACHMADI)

ABDUL MALIK SYAFIUDDIN (2022) SEJARAH DAN NILAI-NILAI HUMANIS PENDIDIKAN ISLAM (PANDANGAN ABDURRAHMAN MAS'UD DAN ACHMADI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan nilai-nilai humanisme dalam pendidikan Islam melalui konsep-konsep maupun data historis perkembangan pendidikan Islam, dengan menggunakan pandangan pendidikan Islam humanis Abdurrahman Mas’ud dan Achmadi. Dengan menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) dengan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pendidikan Islam humanis Abdurrahman Mas’ud dan Achmadi, meski dibangun dari landasan dan tujuan yang sama namun menunjukkan perbedaan dalam segi istilah, yakni humanisme religious dan humanism teosentris. 2) Dari kedua pandangan tersebut ada nilai-nilai yang kemudian menjadi dasar ajuan bagi pendidikan Islam humanis, yakni; sebagai respon terhadap humanism modern, manusia sebagai khalifah, habluminallah dan habluminannas, kesatuan umat manusia atau pluralism, dan keseimbangan 3) Nilainilai tersebut terdapat dalam sejarah perkembangan pendidikan Islam

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Islamic Education, Religious Humanism, Theocentric Humanism
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:16
Last Modified: 11 Nov 2024 07:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35342

Actions (login required)

View Item
View Item