ABDUL MALIK SYAFIUDDIN (2022) SEJARAH DAN NILAI-NILAI HUMANIS PENDIDIKAN ISLAM (PANDANGAN ABDURRAHMAN MAS'UD DAN ACHMADI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (754kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Bab I.pdf
Download (396kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (561kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (920kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (634kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan nilai-nilai humanisme dalam pendidikan Islam melalui konsep-konsep maupun data historis perkembangan pendidikan Islam, dengan menggunakan pandangan pendidikan Islam humanis Abdurrahman Mas’ud dan Achmadi. Dengan menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) dengan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pendidikan Islam humanis Abdurrahman Mas’ud dan Achmadi, meski dibangun dari landasan dan tujuan yang sama namun menunjukkan perbedaan dalam segi istilah, yakni humanisme religious dan humanism teosentris. 2) Dari kedua pandangan tersebut ada nilai-nilai yang kemudian menjadi dasar ajuan bagi pendidikan Islam humanis, yakni; sebagai respon terhadap humanism modern, manusia sebagai khalifah, habluminallah dan habluminannas, kesatuan umat manusia atau pluralism, dan keseimbangan 3) Nilainilai tersebut terdapat dalam sejarah perkembangan pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islamic Education, Religious Humanism, Theocentric Humanism |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:16 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35342 |