FIKRI ADRIAN (2022) THE ADVANTAGES AND THE DISADVANTAGES OF USING CODE- SWITCHING IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING AND LEARNING PROCESS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (232kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (864kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab I.pdf
Download (102kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK BAHASA INGGRIS DI INDONESIA ADALAH BAHASA ASING, DAN DIAJARKAN SEBAGAI MATA PELAJARAN DI SEKOLAH. OLEH KARENA ITU, GURU MENGGUNAKAN ALIH KODE UNTUK MENGAJAR BAHASA INGGRIS DI KELAS. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENGGUNAAN ALIH KODE OLEH GURU DI KELAS. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN DESAIN DESKRIPTIF KUALITATIF SEBAGAI PENDEKATAN PENELITIAN. UNTUK MENGUMPULKAN DATA, WAWANCARA DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI. PENELITIAN INI DILAKUKAN DI SALAH SATU PERGURUAN TINGGI SWASTA DI YOGYAKARTA. PARTISIPAN DARI PENELITIAN INI ADALAH ENAM MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS (ELED) YANG BERPARTISIPASI DALAM PENGGUNAAN ALIH KODE OLEH GURU KELAS SELAMA PROSES BELAJAR MENGAJAR. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA ADA TIGA KEUNTUNGAN PENGGUNAAN ALIH KODE OLEH GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR, YAITU 1) SISWA MERASA PERCAYA DIRI DAN SISWA LEBIH MUDAH MEMAHAMI PELAJARAN, 2) SISWA LEBIH MUDAH MENCAPAI TUJUAN, DAN 3) SISWA MERASA LEBIH RILEKS. SELAIN ITU, KELEMAHAN PENGGUNAAN ALIH KODE OLEH GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR ADALAH 1) KURANGNYA KETERPAPARAN SISWA TERHADAP BAHASA TARGET, 2) ANTUSIASME SISWA UNTUK BERBICARA BAHASA INGGRIS MENURUN, DAN 3) KETERAMPILAN BERBICARA SISWA. MENJADI TERGANTUNG. SINGKATNYA, ALIH KODE TIDAK DAPAT DIHINDARI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR; NAMUN, GURU PERLU MENGGUNAKANNYA DENGAN BIJAK.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CODE-SWITCHING, EFL TEACHERS, THE ADVANTAGES OF CODE-SWITCHING, THE DISADVANTAGES OF CODE-SWITCHING |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:27 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35357 |