REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM RUANG DOMESTIK(ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOMART VERSI DIBELANJAIN #EMAKJAGO DI YOUTUBE)

PRATAMA PANDU PRASETYO (2022) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM RUANG DOMESTIK(ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOMART VERSI DIBELANJAIN #EMAKJAGO DI YOUTUBE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DOMESTIKASI TERHADAP PEREMPUAN MASIH TERJADI SAMPAI SEKARANG. DOMESTIKASI MERUPAKAN SALAH SATU KETIDAKADILAN YANG DIALAMI OLEH PEREMPUAN HINGGA KINI. DOMESTIKASI TERHADAP PEREMPUAN TIDAK HADIR BEGITU SAJA ATAU HADIR SECARA ALAMI TETAPI MERUPAKAN PRODUK DARI SISTEM YANG BERSIFAT PATRIARKIS UNTUK MENJADIKAN MEREKA SEBAGAI PEKERJA TANPA UPAH. HAL INI DILAKUKAN UNTUK MENEKAN ONGKOS PRODUKSI SEBUAH SISTEM SEHINGGA UPAH YANG DIBAYAR PEKERJA LAKI-LAKI DAPAT DITEKAN. IKLAN SEBAGAI MEDIA PENARIK KONSUMEN UNTUK MENGKONSUMSI PRODUK DARI PEMBUAT IKLAN KEMUDIAN MEMANFAATKAN KONDISI TERSEBUT GUNA MENDAPATKAN KONSUMEN SEBANYAK MUNGKIN. PEREMPUAN SERING DITAMPILKAN DALAM IKLAN DALAM MELAKUKAN KEGIATAN YANG BERKUASA DI DALAM RANAH PRIVAT ATAU PEKERJAAN RUMAH TANGGA. SALAH SATU IKLAN YANG MENAMPILKAN PEREMPUAN MELAKUKAN PEKERJAAN RUMAH TANGGA ATAU KERJA DALAM RANAH PRIVAT ADALAH BELANJA DI GOMART, DIBELANJAIN #EMAKJAGO DARI GOJEK INDONESIA. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM RUANG DOMESTIK YANG TERDAPAT PADA IKLAN GOMART VERSI DIBELANJAIN #EMAKJAGO DI YOUTUBE? METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH SEMIOTIKA DARI ROLAND BARTHES. DENGAN METODE TERSEBUT MEMUNGKINKAN PENELITIAN INI UNTUK MENEMUKAN DATA PADA RELASI TANDA TAHAP PERTAMA ATAU DENOTASI DAN RELASI TANDA PADA TAHAP KEDUA ATAU KONOTASI. PENELITIAN INI MENEMUKAN REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM RUANG DOMESTIK DALAM IKLAN TERSEBUT. DOMESTIKASI TERHADAP PEREMPUAN DILAKUKAN DENGAN MENAMPILKAN PEREMPUAN MEMILIKI KEAHLIAN DALAM MENGURUS RUMAH TANGGA DAN DITAMPILKAN BODOH SERTA LUCU.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DOMESTICATION OF WOMEN, ADS, SEMIOTIC, HOUSEWIFE
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:40
Last Modified: 11 Nov 2024 07:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35361

Actions (login required)

View Item
View Item