ZULFA AMALIA NURSANTI (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN ISMUBA DALAM PENGUATAN KETERAMPILAN 4C SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (522kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab I.pdf
Download (184kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (708kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (708kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (569kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji strategi pembelajaran ISMUBA dalam penguatan keterampilan 4C siswa (2) Mengidentifikasi keterampilan 4C siswa (3) Menganalisis hambatan dalam upaya penguatan keterampilan 4C siswa (4) Mengetahui solusi yang dilakukan guru ISMUBA untuk mengatasi hambatan dalam upaya penguatan keterampilan 4C siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Minggir periode 2021/2022. Sampel pada penelitian ini berjumlah 51 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kuantitatif menggunakan analisis data deskriptif yang diperoleh melalui kuisioner, sedangkan untuk data kualitatif dianalisa dengan tahap: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Minggir dalam melakukan upaya penguatan keterampilan 4C menggunakan kombinasi dari beberapa metode diantaranya: a) Strategi Pembelajaran kontekstual, b) Strategi pembelajaran kooperatif, c) Strategi pembelajaran berbasis masalah, dan d) Strategi pembelajaran PAIKEM. (2) Siswa SMP Muhammadiyah 1 Minggir memiliki keterampilan 4C yang sangat baik, dikarenakan keempat variabel dalam keterampilan 4C yaitu komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMP Muhammadiyah 1 Minggir termasuk dalam kategori baik dengan jumlah prosentase pada keterampilan komunikasi yaitu 70,6%, kolaborasi 58,8%, berpikir kritis 68,8%, dan berpikir kreatif 58,8%. (3) Hambatan dalam upaya penguatan keterampilan 4C siswa di SMP Muhammadiyah 1 Minggir adalah kurangnya keaktifan siswa dan masih terdapatnya beberapa siswa yang kurang mampu membaca Al-Qur’an. (4) Solusi yang dilakukan guru ISMUBA untuk mengatasi hambatan dalam upaya penguatan keterampilan 4C siswa dengan melakukan pendekatan baik melalui siswa maupun orang tua siswa, memberikan pertanyaan yang menggugah kreatifitas dan keaktifan siswa, dan melatih siswa untuk mampu membaca Al-Qur’an dengan benar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ISMUBA LEARNING STRATEGY, 4C SKILLS |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 04:14 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 04:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35379 |