Iffah Nailul Munna (2018) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SHALAT BERJAMAAH DI SMP MUHAMMADIYAH BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
cover.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
halaman judul.pdf
Download (1MB)
halaman pengesahan .pdf
Restricted to Registered users only
Download (784kB)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
BAB 1.pdf
Download (518kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (928kB)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (480kB)
BAB 5.pdf
Download (271kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
naskah publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Abstract
Melihat siswa siswi pada zaman sekarang ini banyak remaja yang kurang
disiplin dalam melaksanakan ibadah yaitu ibadah mahdhah dan ibadah ghairu
mahdhah, bahkan banyak siswa yang sama sekali tidak mengerjakan shalat 5
waktu.
Manfaat secara praktis yaitu sebagai reverensi dan evaluasi untuk
meningkatkan dan memperbaiki pelaksanaan kedisiplinan beribadah kedepannya.
Agar sekolah SMP Muhammadiyah Bantul memiliki hal yang berbeda dari
sekolah-sekolah yang lain dan menjadi SMP Muhammadiyah yang unggul dalam
mencetak siswa yang berakhlak mulia serta menjadi siswa yang disiplin dalam
beribadah.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan atau metode
kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini (1) Observasi; (2)
Dokumentasi; (3) Wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan disiplin shalat berjamaah di SMP Muhammadiyah
Bantul, yaitu dengan cara guru memotivasi siswa untuk melaksanakan
kedisiplinan shalat berjamaah sejak dibangku kelas tujuh tujuannya agar
kedepannya siswa sudah terbiasa dengan kedisiplinan shalat berjamaah disekolah
tanpa disuruh oleh guru, guru membimbing siswa untuk meningkatkan disiplin
shalat berjamaah tujuannya agar siswa mengetahui bahwa shalat itu hukumnya
wajib dilaksanakan tidak hanya disekolah tetapi juga diluar sekolah, guru
mengarahkan siswa untuk segera shalat berjamaah, guru mengevaluasi siswa
untuk segera melaksanakan shalat berjamaah, guru mengontrol siswa untuk shalat
berjamaaah, guru menjadi tauladan bagi siswa-siswinya dan guru senantiasa
mengingatkan siswa untuk segera melaksanakan kedisiplinan shalat berjamaah
disekolah dan guru menerapkan pembiasaan shalat berjamaah disekolah setiap
harinya.
Kata kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Disiplin dan Shalat
Berjamaah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 02:40 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3545 |