FERI CATUR YULIANI (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KLINIK PRECEPTORSHIP PROFESI NERS STIKES DUTA GAMA KLATEN. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (300kB)
d.abstrak.pdf
Download (95kB)
e.BAB I B5.pdf
Download (311kB)
f.BAB II B5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
g.BAB III B5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
h.BAB IV B5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB)
i.BAB V B5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
j.BAB VI B5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
k.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
m.lampiran coding.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
n.lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
Abstract
Pendidikan profesi keperawatan untuk menyiapkan peserta didik agar mampu melaksanakan fungsi dan peran sebagai seorang ners, sedangkan pendidikan keperawatan sebagai pendidikan profesi harus memiliki landasan akademik yang kokoh dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir dalam bidang keilmuan maupun keprofesian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran klinik preceptorship profesi ners STIKES Duta Gama Klaten. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menerapkan langkah-langkah metode analisis tematik sebagai metode analisis data. Pengambilan data melalui in-dept interview, focus group discussion dan observasi. Penelitian dilakukan pada kegiatan mahasiswa profesi Ners STIKES Duta Gama Klaten yang melaksanakan praktek klinik di RSPAU dr.S. Hardjolukito. Partisipan meliputi preceptor, pembimbing akademik, ketua program studi, koordinator profesi ners, mahasiswa aktif profesi ners dan alumni profesi ners STIKES Duta Gama Klaten Hasil penelitian ini mengidentifikasi data kualitatif berupa 5 tema final yang diperoleh dari keterangan partisipan, meliputi efektifitas apersepsi dan orientasi klinik; harapan efektifitas pembelajaran klinik; proses pembelajaran klinik sesuai dengan kontrak belajar; efektifitas peran preceptor; efektifitas sistem assesmen. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa proses pelaksanaan pembelajaran klinik preceptorship profesi ners STIKES Duta Gama Klaten sudah terlihat efektif yang ditunjukkan dengan pelaksanaan apersepsi dan orientasi klinik sebelum pembelajaran klinik, terlaksananya kontrak belajar yang telah disepakati, peran preceptor sebagai role model, skill building, critical thinking dan socialization yang terlaksana dengan baik, serta sistem assesmen yang telah mencakup penilaian afektif, kognitif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Clinical teaching, Preceptor, Preceptorship |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 02:23 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35535 |