BAGUS DWIYUNAZ SYAHPUTRA (2022) MOTIVASI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BUAH DI TOKO FRUTAMART AMBARKETAWANG, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (215kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Bab I.pdf
Download (132kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (338kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (526kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi konsumen dalam pembelian buah dan mengetahui hubungan motivasi dengan perilaku pembelian di Toko Fruamart. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive, dengan pertimbangan Frutamart memiliki keunggulan dibandingkan dengan toko buah lain di Pasar Setral Ambarketawang. Konsumen yang digunakan dalam penelitia ini sebanyak 106 orang yang diambil dengan cara accidental. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, kemudian dianalisis dengan deskriptif dan rank spearman. Hasil penelitian menunjukan profil konsumen pada toko buah Frutamart Ambarketawang berusia dari 19 – 51 tahun atau usia dewasa, dengan 62% berjenis kelamin perempuan, 71% berpendidikan terakhir SMA dan sarjana, 31% berpekerjaan pegawai swasta dan 31% berpendapatan dibawah 2 juta. Motivasi konsumen pada toko Frutamart dapat dikatakan cukup beragam yaitu pada indikator kebersihan tempat, pelayanan karyawan, kualitas buah, penataan buah, kebiasaan konsumsi, harga dan lokasi toko menghasilkan sangat memotivasi. Pada kenyamanan toko, promosi media instagram dan keberagaman buah termasuk memotivasi. Motivation factors dan maintenance factors memiliki hubungan kearah positif dengan perilaku pembelian yang terdiri dari macam pembelian dan frekuensi pembelian. Selain itu juga motivation factors memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku pembelian (frekuensi pembelian) yang didasari pada indikator kualitas, komponen karyawan ramah dan komponen kualitas kemasan. Pada maintenance factors memiliki hubungan yang tidak signifikan dengan perilaku pembelian. Tetapi pada komponen dari maintenance factors terdapat dua komponen yaitu : komponen penataan sesuai tempat dan komponen harga terjangkau memiliki hubungan yang signifikan pada perilaku pembelian (frekuensi pembelian). Hasil keseluruhan yang didapatkan pada motivasi konsumen dengan perilaku pembelian menghasilkan nilai korelasi sangat rendah dan tidak ada hubungan signifikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVATION, CONSUMERS, BUYING BEHAVIOR, FRUIT |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 08:46 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 08:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35541 |