ANALISIS ISI PENDEKATAN DAYA TARIK IKLAN PADA GIM SELULER FREE TO PLAY

RAHMA KAHAYANI IHSAN (2022) ANALISIS ISI PENDEKATAN DAYA TARIK IKLAN PADA GIM SELULER FREE TO PLAY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Porsi gim seluler gratis atau Free-to-Play (F2P) di Amerika Serikat telah mendorong iklan dalam gim (in-game advertising) tumbuh menjadi 94%. Memasuki era kejayaan gim seluler, banyak pengembang gim berkompetisi untuk mendapatkan pasar tersebut. Timbulnya persaingan yang ketat menekan tingginya penggunaan daya tarik iklan hype dan provokatif, sehingga penyiaran iklan pada ranah gim seluler gratis dinilai telah mengalami kemunduran. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap realitas iklan gim seluler F2P melalui kacamata empiris, menggunakan metode analisis isi deskripsi kuantitatif, peneliti mengumpulkan iklaniklan gim seluler F2P terhitung dari tahun 2017-2021 berjenis kasual, teka-teki, simulasi, aksi, dan strategi. Hasil penelitian menemukan bahwa 79,69% dari 100 sampel menggunakan daya tarik emosional, terdiri dari 45,73% positif dan 33,96% negatif, dengan penggunaan daya tarik yang mengandung pesan provokatif sebesar 62,40%, sekaligus penggunaan daya tarik rasional sebanyak 20,31%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Advertising Appeals, Content Analysis, Free-To-Play, Mobile Game
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:54
Last Modified: 15 Dec 2023 08:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35552

Actions (login required)

View Item
View Item