Indah Puspitasari STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG. S1 thesis, UNSPECIFIED.
COVER.pdf
Download (202kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (854kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
BAB I.pdf
Download (219kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (516kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (320kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (989kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran kecerdasan spiritual siswa di SMK Negeri 2 Temanggung, menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kecerdasan spiritual siswa di SMK Negeri 2 Temanggung, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) kecerdasan spiritual siswa di SMK Negeri 2 Temanggung dikategorikan sedang dilihat dari indikator ciri-ciri manusia yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi. 2) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dilakukan dengan melakukan pendekatan individual, pendekatan kelompok, pendekatan campuran, dan pendekatan edukatif. 3) Faktor pendukung guru PAI dalam peningkatan kecerdasan spiritual siswa antara lain: motivasi siswa yang tinggi, adanya peran komite sekolah, regulasi tentang pendidikan karakter, ilmu keagamaan, dan kekuatan setiap siswa. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: keterbatasan anggaran, padatnya kurikulum SMK, pengaruh orang tua dan keluarga, pegaruh lingkungan, pergaulan, nafsu individu yang tidak terkontrol, dan karakter siswa yang berbeda.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:29 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35580 |