PENGEMBANGAN METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANWIR DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA

CHARIS THOHARI ROHMAN (2022) PENGEMBANGAN METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANWIR DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

TAHFIZ SANGAT ERAT KAITANNNYA DENGAN PROSES KOGNITIF YANG MELIBATKAN MEMORI. MENGOLAH, MENYIMPAN DAN MEMANGGIL PENGETAHUAN ATAU INFORMASI KETIKA DIBUTUHKAN. DEWASA INI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG MENJADIKAN TAHFIZ SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN MASIF BERMUNCULAN. NAMUN YANG MENJADI KENDALA, SELAIN PERSOLAN KOMPETENSI SDM YANG MINIM, PERSOALAN METODE TAHFIZ YANG SELAMA INI DIGUNAKAN MENAMBAH PELIK DI DALAMNYA. METODE YANG UMUMNYA DIGUNAKAN DI BERBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN MASIH KONVENSIONAL SEHINGGA TIDAK SEDIKIT YANG MENGALAMI KENDALA DAN BELUM MENCAPAI TARGET PEMBELAJARAN.

METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANW?R HADIR MEMBERIKAN SOLUSI TERHADAP PERSOLAN TERSEBUT. METODE TAHFIZ AL-QURAN INI DIKEMBANGKAN BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI DALAM PSIKOLOGI KOGNITIF. INFORMASI AL-QURAN DITANGKAP DAN DISIMPAN KE DALAM MEMORI YANG MELIBATKAN 3 KOMPONEN PENYIMPANAN INFORMASI YAITU REGISTER PENGINDERAAN (SENSORY MEMORY), MEMORI JANGKA PENDEK (SHORT TERM MEMORY), DAN MEMORI JANGKAN PANJANG (LONG TERM MEMORY) MELALUI STRATEGI ATTENTION, PERCEPTION, RETRIEVAL, REHEARSAL, DAN ENCODING. DALAM TEORI PEMROSESAN INFORMASI DISEBUTKAN SEMAKIN SERING INFORMASI DILAKUKAN PENEBALAN MELALUI PENGULANGAN, PENYEBUTAN, PEMAHAMAN, DAN PENULISAN SEMAKIN KOKOH INFORMASI TERSEBUT TERSIMPAN DI DALAM LONG TERM MEMORY SEHINGGA SULIT HILANG. METODE TAHFIZ INI MENGHIMPUN BERBAGAI METODE TAHFIZ SECARA KOMPREHENSIF MELALUI BEBERAPA LANGKAH ATAU TAHAPAN YANG SUDAH DIRUMUSKAN.

JENIS PENELITIAN INI ADALAH PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (RESEARCH AND DEVELOPMENT) YANG BERTUJUAN UNTUK: 1) MENGETAHUI KEBUTUHAN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIZ AL-QURAN MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKAKARTA TERHADAP METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANW?R. 2) MENGETAHUI LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANW?R DI PONDOK PESANTREN TAHFIZ AL-QURAN MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA. 3) MENGETAHUI KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANW?R. PENELITI MELAKUKAN PENGUMPULAN DATA MENGGUNAKAN TEKNIK WAWANCARA, ANGKET, OBSERVASI, DAN DOKUMENTASI. TEKNIK ANALISIS DATA DIAWALI DARI ANALISIS KEBUTUHAN DAN IDENTIFIKASI MASALAH UNTUK MENGEMBANGKAN PRODUK. SELANJUTNYA MENILAI PRODUK, PERBAIKAN PRODUK, HINGGA TAHAP PELATIHAN DAN PENYEMPURNAAN PRODUK TERBAIK.

KESIMPULAN DARI PENELITIAN INI ADALAH: 1) HASIL ANALISIS KEBUTUHAN DAN IDENTIFIKASI MASALAH MENUNJUKKAN PERLUNYA PENGEMBANGAN METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANW?R DI PONDOK PESANTREN TAHFIZ AL-QURAN MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA. 2) SECARA GLOBAL, LANGKAH PENGEMBANGAN METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANW?R DIBAGI MENJADI 3 YAITU: PETUNJUK OPERASIONAL SYARAT SUKSES, PETUNJUK OPERASIONAL PELAKSANAAN, DAN PETUNJUK OPERASIONAL PENJAGAAN. 3) KEUNGGULAN DARI METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANW?R ADALAH MEMBERIKAN KEMUDAHAN DAN KUAT PONDASI AWAL MENGHAFAL AL-QURAN, MEMUDAHKAN TADABBUR DAN MENGETAHUI LETAK, NOMOR, WAQF, MAKNA, DAN PENULISAN AYAT SEHINGGA DIHARAPKAN MEMUDAHKAN PENANAMAN KARAKTER QURANI. SEDANGKAN KEKURANGAN DARI METODE TAHFIZ AL-QURAN AT-TANW?R ADALAH: KEMAMPUAN MEMAHAMI DAN MENYIMPAN INFORMASI PESERTA DIDIK HETEROGEN, DURASI WAKTU LEBIH LAMA, DAN PENYAMPAIAN INFORMASI HARUS MENARIK PERHATIAN PESERTA DIDIK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TAHFIZ AL-QURAN, AT-TANWIR METHOD, INFORMATION PROCESSING
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 03 Jul 2024 09:45
Last Modified: 03 Jul 2024 09:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/35941

Actions (login required)

View Item
View Item