DEWI SRI NGAJIATI (2017) Konsep Pendidikan Karakter Menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid Dan Thomas Lickona Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia. S1 thesis, UNSPECIFIED.
PENDAHULUAN.pdf
Download (3MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (672kB)
BAB.I.pdf
Download (2MB)
BAB.II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB.III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB.IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
BAB.V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (745kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (951kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid dan Thomas Lickona dan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan karakter menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid dan Thomas Lickona dengan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau library research yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perbandingan (komparatif). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, dengan menggunakan buku primer karya Thomas Lickona yang berjudul Educating for Character: Now Our Schools Can Teach and Responsibility dan buku karangan Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid yang berjudul Manhaj Tarbiyah Nabawiyah Li at-Thifli. Sedangkan buku sekunder yang peneliti gunakan adalah buku-buku yang relevan dengan judul penelitian. Hasil dari penelitian int yaitu: pertama. menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter dari Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid lebih banyak mengarah pada aspek-aspek religiusitas. Sedangkan konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona aspek religiusitasnya hanya terbatas pada sikap toleransi saja. Thomas Lickona lebih menekankan pada dua nilai sosial yaitu sikap hormat dan tanggung jawab sebagai hal pokok yang perlu ditanamkan pada diri manusia. Kedua, konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona dinilai lebih relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di Indonesia dan pada konsep karakter menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid. Kata Kunci : Konsep, Pendidikan, Karakter, Relevansi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 03:31 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 03:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36178 |