Konsep Pendidikan Karakter Menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid Dan Thomas Lickona Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia

DEWI SRI NGAJIATI (2017) Konsep Pendidikan Karakter Menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid Dan Thomas Lickona Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB.I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB.II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB.III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB.IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid dan Thomas Lickona dan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan karakter menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid dan Thomas Lickona dengan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau library research yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perbandingan (komparatif). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, dengan menggunakan buku primer karya Thomas Lickona yang berjudul Educating for Character: Now Our Schools Can Teach and Responsibility dan buku karangan Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid yang berjudul Manhaj Tarbiyah Nabawiyah Li at-Thifli. Sedangkan buku sekunder yang peneliti gunakan adalah buku-buku yang relevan dengan judul penelitian. Hasil dari penelitian int yaitu: pertama. menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter dari Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid lebih banyak mengarah pada aspek-aspek religiusitas. Sedangkan konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona aspek religiusitasnya hanya terbatas pada sikap toleransi saja. Thomas Lickona lebih menekankan pada dua nilai sosial yaitu sikap hormat dan tanggung jawab sebagai hal pokok yang perlu ditanamkan pada diri manusia. Kedua, konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona dinilai lebih relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di Indonesia dan pada konsep karakter menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid. Kata Kunci : Konsep, Pendidikan, Karakter, Relevansi.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:31
Last Modified: 13 Jan 2023 03:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36178

Actions (login required)

View Item
View Item