MUHAMMAD IBNU RAHMATA (2023) STRATEGI HUMAS DALAM PENYEBARLUASAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI PEMERINTAHAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (217kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab I.pdf
Download (163kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (23kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (423kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Seiring berkembangannya sistem pemerintahan yang terjadi di Indonesia saat ini, diperlukan inovasi terkait penyelenggraan pemerintahan yang mengarah kepada�good governace.�Tentu kehadiran humas mempunyai peran dan fungsi yang bersifat�public,�agar menyediakan informasi mengenai kebijakan-kebijakan yang ada di pemerintahan untuk diberikan kepada masyarakat. Penyebaranluasan informasi yang disebarkan oleh humas harus mempunyai unsur informasi yang baik, tidak mengandung hoax dan kredibel dalam penyampainnya. Adanya kemajuan teknologi yang begitu cepat memudahkan humas dalam memberikan informasi yang ada kepada masyarakat.�Kemajuan teknologi yang paling diminati adalah media sosial, sebanyak 130 juta di Indonesia dan media sosial Instagram menempati peringkat kedua yang paling digemari. Humas Pemda DIY pernah mendapatkan juara 1 dalam kategori pengelolaan Media Sosial Pada Anugrah Media Humas 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo.�Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Humas Pemda DIY dalam penyebarluasan informasi melalui media sosial�instagram,�serta faktor penghambat dan pendukung Humas Pemda DIY dalam pengelolaannya. Subyek penelitian ini adalah Kepala Bagian Humas Pemda DIY, admin sosial media Humas Pemda DIY,��dan salah satu�follower�Instagram Humas DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Humas Pemda DIY dalam proses penyebarluasan�informasi melalui instagrammenggunakan tahapan-tahapan ; 1)�Fact finding, 2)�planning, 3)�comunnication, dan 4)�evaluation.�Untukpengelolaan�humas�tersebut,�menggunakan�perencanaan�strategis yang�digunakan�agar�mencapai tujuan dari Humas Pemda DIY.�
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations strategy, Information Dissemination, Social Media, Instagram, Fact-finding, Planning, Communication, and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 09:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 09:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36270 |