DHIA GHAZYA RAHMAN (2022) REPRESENTASI MASKULINITAS MODERN DALAM IKLAN WEB SERIES KECAP ABC HEINZ EDISI AKADEMI SUAMI SEJATI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (799kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Bab I.pdf
Download (427kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Iklan dapat kita katakan sebagai sebuah komunikasi massa yang paling sering kita jumpai. Sebuah iklan biasa digunakan sebuah brand dalam menyampaikan sesuatu hal yang dianggap penting untuk diketahui� konsumennya atau calon konsumen mereka. Akhir-akhir ini banyak kita jumpai iklan berbentuk� serial, atau biasa kita sebut web series. Iklan dalam bentuk ini biasa menyajikan sebuah cerita yang merepresentasikan kejadian sebuah realita. Studi gender banyak dikaitkan dengan jenis kelamin, tetapi berbeda konsepnya. Jenis kelamin adalah suatu hal yang dapat diubah sedangkan gender dapat berubah mengikuti sifat dan lingkungan sosial. Studi gender menekankan pada pembahasan maskulin dan feminin. Maskulinitas sendiri terbagi menjadi dua yaitu maskulinitas tradisional dan maskulinitas modern. Jika dalam maskulinitas tradisional laki-laki selalu digambarkan sebagai pekerja keras, bebas dan lain sebagainya. Sedangkan maskulinitas modern mengkritisi pendapat tersebut dan menganggap laki-laki juga dapat melakukan sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh perempuan tetapi memiliki sifat dominan maskulin. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika dari Roland Barthes. Roland Barthes menandai sebuah tanda dengan makna denotasi, konotasi dan mitos sebagai acuannya. Hasil penelitian ini menampilkan bahwa pekerjaan memasak bukan hanya di titik beratkan kepada seorang perempuan dalam hubungan rumah tangga. Karena pekerjaan memasak hanyalah salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan laki-laki dan perempuan, hal ini sebagai representasi maskulinitas modern yang ditampilkan dalam iklan ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Maskulinitas modern, Semiotika, Representasi, Iklan, Web series |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 07:29 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 07:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36315 |