FAJAR NUR RIDHO (2022) MANAJEMEN MEDIA DIGITAL PADA AKUN INSTAGRAM OFFICIAL DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DI ERA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (342kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (296kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (383kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (412kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2020 telah memberikan dampak luar biasa pada berbagai sektor kehidupan manusia. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 adalah dengan memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah. Berbagai instansi pemerintahan juga memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi terkait Covid-19. Pengelolaan media sosial terutama saat pandemi menjadi hal yang penting agar masyarakat dapat terhindar dari ketidakjelasan informasi maupun hoaks yang dapat menyesatkan masyarakat. Hal ini juga yang dilakukan oleh Kominfo DIY untuk membantu menyebarkan informasi terkait Covid-19 melalui Instagram. Dalam penelitian ini, peneliti menyajikan pembahasan mengenai manajemen media digital pada akun instagram Kominfo DIY. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menarik kesimpulan mengenai penerapan manajemen media digital pada akun instagram @kominfodiy. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Setelah melakukan penelitian, hasil yang ditemukan adalah pembuatan konten instagram Kominfo DIY meliputi enam kegiatan yaitu: penyusunan jadwal, penentuan jumlah konten dan penentuan tema konten yang akan dibuat dalam kurun waktu tertentu, analisis dan peliputan terkait konten yang akan dibuat, validasi data terkait konten yang akan dibuat, mendesain konten sesuai tema, membuat caption yang sesuai dengan konten, pengawasan dan evaluasi terkait konten yang dibuat di akun @kominfodiy.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Management, Digital Media, Public Information, Content Production, Diskominfo DIY. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 07:29 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 07:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36319 |