TIARA AYU FERDITA (2023) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PT.DAVITAMA KREASI DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (606kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB)
Bab I.pdf
Download (775kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (667kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (877kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Customer Relationship adalah salah satu strategi perusahaan untuk menjaga hubungan baik terlebih di masa Covid-19 dengan pelanggan yang bertujuan mempertahankan pelanggan yang ada agar melakukan pembelian berulang juga merasa puas, hubungan yang baik membuat pelanggan setia dan tidak berpaling pada kompetitor lain. Menjaga hubungan baik dengan customer merupakan suatu kewajiban bagi pelaku bisnis, karena customer atau pelanggan merupakan aset penting bagi bisnis. Bisnis akan berkembang berkat adanya pelanggan. Sangat penting bagi perusahaan sebagai pelaku usaha untuk mengetahui tentang Customer Relationship. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana strategi customer relationsPT. Davitama Kreasi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi dalam penelitian ini yaitu di Kabupaten Bekasi, tepatnya di Ruko Plaza Metropolitan Blok A3 no.2, Tambun, Bekasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan teknik analisis data yang melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Program strategi Customer Relations Management (CRM) yang dilakukan PT. Davitamakreasi masih menggunakan sistem yang sederhana. Pemanfaatan sistem Customer Relation Management(CRM) dengan Penggunaan Spreadsheet/Excel untuk database pelanggan, alamat e-mail, media Whatsapp Busines, dan pemanfaatan media sosial Instagram sudah tepat tujuan. Penerapan Strategi Customer Relation Management (CRM) pada PT. Davitamakreasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dilakukan dengan strategi Penanganan Keluhan Pelanggan (Handling Complain), Pemberian Ucapan dan Penghargaan Kepada Pelanggan (CustomerEngagement), dan Kekuatan pelayanan dalam meningkatkan Kepuasan Customer yang sudah berjalan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relations, PT. Davitama Kreasi, Covid-19 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 03:40 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 03:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36455 |