IRAWATI KHOVIVAH DURU (2023) PROBLEMATIKA PENGUASAAN MUFRADAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (874kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Bab I.pdf
Download (306kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (513kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (684kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kosakata merupakan salah satu unsur bahasa yang perlu dikuasai oleh pembelajar bahasa asing termasuk bahasa Arab. Sehingga perlu halnya penguasaan kosakata untuk memahami pembelajaran bahasa Arab. Dalam mempelajari bahasa Arab pasti memiliki kesulitan Setiap pembelajaran bahasa pasti memiliki kesulitan dalam mempelajarinya. Diantaranya yaitu kata atau mufradat bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala yang dihadapi siswa dalam mempelajarai mufradat bahasa Arab sehingga dapat membantu mengurangi kesulitan dalam mempelajari dan menguasai mufradat bahasa Arab. Kemudian untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi problematika penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan field research. Metode pengambilan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data baik dari observasi maupun hasil wawancara dengan guru bahasa Arab dan siswa kelas 5, reduksi data dengan merangkum data untuk memfokuskan data yang dibutuh, penyajian data berupa pendeskripsian dari keseluruhan penelitian, kemudian menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menujukan adanya kendala yang dihadapi siswa dalam mempelajari dan menguasi mufradat. Problematika pada pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Yogyakarta memiliki beberapa faktor kendala yang dihadapi siswa dalam penguasaan mufradat yaitu faktor linguistik yaitu permasalahan dari tata kebahasaan itu sendiri dan faktor non linguistik yaitu kendala atau permasalahan yang terjadi diluar tata bahasa Arab. Adanya kendala dari faktor linguistik yang dihadapi yaitu siswa kurang lancar dalam membaca Arab dan tidak mengetahui arti dari mufradat. Sedangkan dari faktor non linguistik dibagi menjadi tiga bagian yaitu faktor siswa, faktor guru, dan faktor lingkungan. Adapun beberapa upaya yang dilakukan baik dari guru yaitu Pemberian motivasi kepada siswa, mendikte setiap siswa, membuat kelas lebih menyenangkan, pemberian reward kepada siswa.Kemudian upaya yang dilakukan siswa dalam mengatasi problematika penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab yaitu siswa mempelajari kembali materi atau mufradat sebelumnya, siswa bertanya kepada guru dan siswa lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematics, Mastery, Mufradat (Vocabulary) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 03:35 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36462 |