SIGIT (2023) STUDENTS' PERCEPTION ON IDEAL GROUP DISCUSSION IN ENGLISH FOREIGN LANGUAGE CLASSROOM AT A PRIVATE UNIVERSITY OF YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (823kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Bab I.pdf
Download (83kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Diskusi kelompok dalam pembelajaran bahasa Inggris dinilai sebagai model pembelajaran yang berdampak. Ini membantu siswa dalam memberikan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perspektif siswa tentang diskusi kelompok yang ideal. Selanjutnya, kesulitan dalam mengatur diskusi kelompok diselidiki. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik kualitatif untuk melakukan penelitian. Enam mahasiswa LED dari angkatan 2019 dan 2018 mengajukan diri untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Selanjutnya, data yang terkumpul ditranskrip dan diolah untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Selain itu, siswa memiliki lima metode diskusi kelompok yang ideal di kelas. Yakni, anggota diskusi kelompok harus heterogen, kegiatan diskusi kelompok harus memiliki tujuan dan instruksi yang jelas, anggota diskusi kelompok harus mengambil bagian secara seimbang, diskusi kelompok harus mengutamakan keputusan bersama, dan diskusi kelompok harus dapat meningkatkan keterampilan afektif siswa karena kebutuhan siswa. diskusi kelompok yang ideal di kelas. Akhirnya, temuan penelitian ini dapat digunakan untuk membantu guru dan siswa melakukan diskusi kelompok secara optimal. Guru akan lebih selektif dan memperhatikan kegiatan diskusi kelompok jika mengetahui kendala tersebut. Beberapa rekomendasi juga dibuat untuk berbagai pihak untuk mempromosikan diskusi kelompok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group discussion, ideal group discussion, difficulties, and learning method |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:44 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36551 |