Athi' Maftukhatal Hidayah (2020) EVALUASI MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI SD NEGERI PAJANG 1 DAN SD NEGERI BROMANTAKAN 56 SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (553kB)
Bab I.pdf
Download (394kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (686kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (950kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keberhasilan serta kekurangan implementasi manajemen pendidikan inklusi, dan untuk mengidentifikasi kesulitan juga harapan penyandang disabilitas dalam mengikuti pendidikan inklusi di SD Negeri Pajang I dan SD Negeri Bromantakan 56 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif komparatif dengan jenis penelitian studi kasus (file research). Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri Pajang I dan SD Negeri Bromantakan 56 Surakarta. Adapun subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas, dan Guru Pendamping Khusus (GPK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan model Miles Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah tersebut merupakan sekolah negeri yang sudah tercatat sebagai sekolah inklusi yang ditunjuk langsunng oleh pemerintah. Kedua sekolah ini sudah sama-sama telah menerima siswa ABK setelah ditetapkannya sebagai sekolah inklusi. untuk persiapannya kedua sekolah tersebut telah mempersiapkan GPK untuk siswa ABK yang mengikuti kegiatan belajar di kelas. selain itu sekolah juga sudah bekerja sama dengan psikolog dalam menyelenggarakan tes assessment untuk mengidentifikasi dan terapi bagi siswa ABK. Kemudian sarana prasarana yang ada di kedua sekolah tersebut layaknya sekolah regular, hanya saja ada ruangan khusus untuk siswa ABK dalam kegiatan belajar ketika GPK menggunakan model pull out. Adapun keberhasilan dari pendidikan inklusi yang diterapkan di kedua sekolah tersebut adalah siswa ABK mampu mengikuti UN dan lulus dengan nilai minimal yang ditentukan oleh sekolah. Kedua sekolah tersebut memiliki manajemen pendidikan inklusi yang sudah cukup baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 04:11 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/366 |