TRIAS ADELIA PUTRI (2023) THE STUDETS' PERCEPTION TOWARD THE USE OF VIDEO AS AN ONLINE LEARNING MEDIUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (396kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Bab I.pdf
Download (84kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (514kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pandemi Covid-19 di Indonesia memaksa beberapa sekolah untuk melakukan pembelajaran daring dan dosen mencari cara pembelajaran daring yang menarik. Video merupakan salah satu media pembelajaran yang menarik. Peneliti menemukan beberapa tantangan yang dihadapi siswa ketika menggunakan video sebagai media pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan tantangan setelah siswa menggunakan video sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring berdasarkan persepsi mereka. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara. Partisipan penelitian ini adalah enam mahasiswa angkatan 2019 di sebuah universitas Islam swasta di Yogyakarta. Peserta yang dipilih adalah peserta yang telah mengikuti pembelajaran daring selama 1 sampai 2 semester. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa video mendorong minat belajar siswa, memberi mereka pengalaman baru, dan mereka dapat menonton ulang untuk belajar kapan saja. Selain itu, temuan ini menyajikan tantangan penggunaan video untuk pembelajaran daring yang dihadapi siswa: durasi video terkadang terlalu lama, video terkadang berisi konten yang tidak pantas, dan video tidak memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan guru. Penggunaan video dalam pembelajaran daring memiliki manfaat dan tantangannya, oleh karena itu guru harus mencermati video yang akan digunakan sebagai media pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Learning, Video, Students, Benefits, Challenges |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 08:03 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 08:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36608 |