RENDI SETIADI (2023) THE CORRELATION BETWEEN COLLEGE STUDENTS' HABIT IN LISTENING TO ENGLISH SONGS AND THEIR LISTENING SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (357kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (357kB)
Bab I.pdf
Download (126kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (310kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Karena mendengarkan dinilai sebagai salah satu keterampilan yang menantang dalam belajar bahasa Inggris, beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan telah diperkenalkan. Siswa harus didukung dengan media pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan mendengarkan mereka, yang harus dilakukan secara teratur. Sementara itu, lagu-lagu yang dilengkapi media audio dapat digunakan untuk membantu dan meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan siswa dalam mendengarkan lagu berbahasa Inggris, keterampilan menyimak siswa serta untuk menemukan hubungan antara kebiasaan siswa dalam mendengarkan lagu berbahasa Inggris dengan keterampilan mendengarkan mereka pada Kelas Internasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. salah satu Universitas Islam Swasta di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada Kelas Internasional FEB Universitas Islam Swasta Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan desain korelasional. Dengan menggunakan teknik convenience sampling, penelitian ini melibatkan 153 mahasiswa Kelas Internasional FEB angkatan 2020 dan 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan skor tes TOEFL listening. Skor dari kedua instrumen dihitung dan dianalisis dengan menggunakan Program SPSS untuk melakukan korelasi. Hasil dari pertanyaan penelitian pertama menunjukkan bahwa rata-rata skor kebiasaan siswa dalam mendengarkan lagu berbahasa Inggris adalah 3,943. Selain itu, standar deviasinya adalah 0,505. Kemudian, hasilnya adalah kebiasaan siswa dalam mendengarkan lagu berbahasa Inggris tergolong "Sering". Temuan dari pertanyaan penelitian ke-2 adalah skor rata-rata adalah 43,209 dan standar deviasi adalah 9,091. Selain itu, skor TOEFL dikategorikan sebagai "Sedang", maka keterampilan menyimak mahasiswa pada Kelas Internasional FEB Universitas Islam Swasta Yogyakarta berada pada taraf sedang, sedangkan hasil ketiga tentang korelasi diketahui bahwa koefisien korelasinya adalah 0,328 yang artinya koefisien korelasinya adalah lebih tinggi dari 0,05 (0,328>0,05) dan ini berarti bahwa hipotesis alternatif ditolak, artinya tidak ada korelasi antara kedua variabel, kebiasaan siswa dalam mendengarkan lagu bahasa Inggris dan keterampilan mendengarkan mereka.Peneliti berpendapat bahwa beberapa faktor dapat mempengaruhi hasil.Keterampilan mendengarkan dapat dipelajari tidak hanya dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, tetapi juga dapat dari mendengarkan podcast, menonton film berbahasa Inggris, dan lain-lain. d media pembelajaran lainnya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Students' habit, English Songs, Listening Skills, CorrelationalDesign |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:03 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36628 |