KOMUNIKASI SUPORTIF SAHABAT TERHADAP PASIEN GANGGUAN DEPRESI MAYOR (MAJOR DEPRESSIVE DISORDER) DALAM UPAYA MEMBERIKAN DUKUNGAN EMOSIONAL (STUDI KASUS PASIEN DI YOGYAKARTA)

AUDREY VANIA ZACHRANI KINASIH (2023) KOMUNIKASI SUPORTIF SAHABAT TERHADAP PASIEN GANGGUAN DEPRESI MAYOR (MAJOR DEPRESSIVE DISORDER) DALAM UPAYA MEMBERIKAN DUKUNGAN EMOSIONAL (STUDI KASUS PASIEN DI YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

Gangguan depresi mayor merupakan gangguan kesehatan mental yang membuat penderitanya mengalami perubahan kognitif. Support dari lingkungan sekitar berperan untuk membantu pasien gangguan depresi. Dalam hal ini dibutuhkan komunikasi antarpribadi yang intim. Komunikasi suportif dari sahabat, berperan dalam memberikan dukungan emosional untuk pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses komunikasi suportif sahabat terhadap pasien gangguan depresi mayor dalam upaya memberikan dukungan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam. Penelitian ini menerapkan teknik purposive sampling untuk mendapat subjek yang sesuai dengan tujuan penelitian.  Analisis data penelitian ini dilakukan melalui empat tahap yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu uji validitas data dengan menggunakan kompetensi subjek yang kredibel, yaitu seorang dengan sahabatnya yang merupakan pasien gangguan depresi dengan diagnosis dari psikolog klinis atau psikiater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi suportif dapat berlangsung baik dan lancar karena adanya perilaku suportif yang diterapkan dalam hubungan persahabatan. Namun informan sahabat pasangan I dan II tidak sama dalam penerapan perilaku suportif.  Sahabat dalam pasangan I bisa menerapkan seluruh perilaku suportif terhadap pasien berupa: deskripsi, orientasi masalah, spontanitas, empati, persamaan, dan provisionalisme. Sementara sahabat dalam pasangan II menerapkan empat perilaku suportif berupa: orientasi masalah, spontanitas, empati dan persamaan. Pada pasangan II kedua informan belum bisa menerapkan perilaku meninjau kembali pendapat. Sementara itu kedua pasien belum selalu bisa menerapkan perilaku orientasi masalah yaitu keinginan bekerjasama untuk mencari solusi karena terhalang perasaan putus asa yang dialami. Kedua pasang sahabat mampu menerapkan empat dari lima fungsi persahabatan yaitu: berbagi pengalaman, memberi dukungan emosional, sukarela membantu, dan berusaha membuat sahabat bahagia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Supportive Communication, Major Depressive Disorder, Emotional Support, Friendship
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:43
Last Modified: 26 Oct 2023 03:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36762

Actions (login required)

View Item
View Item