Sholihatun Salafi (2020) PERBEDAAN MOTIVASI DAN KUANTITAS HAFALAN AL-QUR’AN PADA MAHASISWA UNIVERSITY RESIDENCE BERDASARKAN ASAL SEKOLAH BERBASIS AGAMA DAN SEKOLAH UMUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (675kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab I.pdf
Download (237kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (572kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis motivasi dan
kuantitas hafalan Al-Qur’an mahasiswa UNIRES asal sekolah berbasis agama,
untuk mengetahui dan menganalisis motivasi dan kuantitas hafalan Al-Qur’an
mahasiswa UNIRES asal sekolah umum, untuk mengetahui perbedaan motivasi
dan kuantitas hafalan Al-Qur’an mahasiswa UNIRES berdasarkan asal sekolah
berbasis agama dan sekolah umum.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
kuantitatif komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
kuisioner dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan
menggunakan uji T-tes sampel independen dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Motivasi menghafal Al-Qur’an pada
mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang tinggal di UNIRES
berdasarkan asal sekolah berbasis agama termasuk dalam kategori tinggi dengan
nilai sebesar 70,03, untuk kuantitas termasuk dalam kategori cukup dengan nilai
sebesar2,60. (2) Motivasi menghafal Al-Qur’an pada mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta yang tinggal di UNIRES berdasarkan asal sekolah
berbasis agama termasuk dalam kategori cukup dengan nilai sebesar 64,37, untuk
kuantitas termasuk dalam kategori rendah dengan nilai sebesar 1,67 (3) ada
perbedaan yang signifikan mengenai motivasi dan kuantitas hafalan Al-Qur’an
pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang tinggal di
UNIRES berdasarkan asal sekolah berbasis agama dan sekolah umum. Hal
tersebut ditunjukan dengan besarnya signifikansi 0,036 dan 0,037 < 0,05 dan
hipotesis pada penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:10 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/368 |