STRATEGI PROMOSI OLEH FOODGRAMMER @RIDERKULINERAN DALAM MEMPERKENALKAN KULINER YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

MUHAMMAD FAHRIZA KHOIRI (2023) STRATEGI PROMOSI OLEH FOODGRAMMER @RIDERKULINERAN DALAM MEMPERKENALKAN KULINER YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Foodgrammer atau konten kreator kuliner merupakan salah satu fenomena baru dalam promosi produk kuliner di Yogyakarta. Salah satu foodgrammer yang mempunyai daya tarik tersendiri yaitu @riderkulineran dengan kontennya yang menarik mulai dari pengambilan gambar, detail informasi, serta penyampaian  review dan promosi makanan dengan cara yang khas sehingga dapat menarik perhatian followers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan @riderkulineran dalam memperkenalkan kuliner Yogyakarta melalui Instagram. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kasus dan dianalisa secara kualitatif. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah @riderkulineran. Informan dipilih berdasarkan purposive sampling dengan pertimbangan foodgrammer yang memiliki keunggulan dalam video editing, karakter yang kuat, dan voice over yang khas. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada platform Instagram, @riderkulineran sudah melakukan tahapan-tahapan strategi promosi pada platform Instagram dengan cukup baik mulai dari perencanaan promosi, pelaksanaan, hingga evaluasi. Namun dalam platform lain yang potensial seperti Tiktok dan YouTube, hal tersebut masih belum maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Promotion Strategy, Strategi Promosi, Foodgrammer, Instagram
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:10
Last Modified: 25 Oct 2023 06:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36899

Actions (login required)

View Item
View Item