MUHAMMAD FAHRIZA KHOIRI (2023) STRATEGI PROMOSI OLEH FOODGRAMMER @RIDERKULINERAN DALAM MEMPERKENALKAN KULINER YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (300kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (359kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (186kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (567kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Foodgrammer atau konten kreator kuliner merupakan salah satu fenomena baru dalam promosi produk kuliner di Yogyakarta. Salah satu foodgrammer yang mempunyai daya tarik tersendiri yaitu @riderkulineran dengan kontennya yang menarik mulai dari pengambilan gambar, detail informasi, serta penyampaian review dan promosi makanan dengan cara yang khas sehingga dapat menarik perhatian followers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan @riderkulineran dalam memperkenalkan kuliner Yogyakarta melalui Instagram. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kasus dan dianalisa secara kualitatif. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah @riderkulineran. Informan dipilih berdasarkan purposive sampling dengan pertimbangan foodgrammer yang memiliki keunggulan dalam video editing, karakter yang kuat, dan voice over yang khas. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada platform Instagram, @riderkulineran sudah melakukan tahapan-tahapan strategi promosi pada platform Instagram dengan cukup baik mulai dari perencanaan promosi, pelaksanaan, hingga evaluasi. Namun dalam platform lain yang potensial seperti Tiktok dan YouTube, hal tersebut masih belum maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Strategi Promosi, Foodgrammer, Instagram |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:10 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36899 |