DIAN ESTININGRUM (2023) HUBUNGAN PENDEKATAN KOGNITIF SOSIAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENCEGAHAN PAHAM RADIKALISME SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (357kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (770kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Bab I.pdf
Download (222kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (948kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Global Terrorism Indeks (2020) menyatakan bahwasanya Negara Indonesia menempati peringkat ke empat di wilayah Asia Pasifik sebagai negara yang paling banyak terdampak paham radikalisme, dan faktor yang melatarbelakangi adalah ekstrimisme agama. Fakta tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kepada 101 responden mengenai sebuah �Hubungan Pendekatan Kognitif pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pencegahan Paham Radikalisme Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Sleman�. Pendekatan kognitif sosial sendiri merupakan pendekatan yang dalam suatu hal, pengamat atau dalam penelitian kali ini adalah siswa akan meniru atau mencontoh perilaku dari model atau guru yang di rasa cocok dengan siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis pendekatan kognitif sosial pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai upaya pencegahan paham radikalisme siswa di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. (2) Untuk mengetahui hubungan pendekatan kognitif sosial pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pencegahan paham radikalisme siswa di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode pengumpulan data studi lapangan. Data primer didapatkan melalui penyebaran angket/kuesioner dan data sekunder didapat dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa persentase pendekatan kognitif sosial sebagai upaya pencegahan paham radikalisme siswa di SMK Muhammadiyah 1 Sleman sebanyak 74,6 persen dari 100 persen dengan persentase tertinggi terletak pada atensi siswa yakni sebesar 77,2%, dan dari uji korelasi bivariat sederhana diketahui bahwa nilai signifikasi kedua variabel sebesar 0.000 atau lebih kecil dari 0,5; sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel, kemudian pearson correlation pada ke dua variabel menunjukkan angka 0,617 atau dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kedua variabel tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Cognitive Approach, Islamic Education, Radicalism, Student |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:10 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36900 |