MUHAMMAD BAYYIN NUHA HIBATULLOH (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FKIK UMY ANGKATAN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (317kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (638kB)
Bab I.pdf
Download (890kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (824kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (653kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (981kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (635kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (763kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Berkaitan dengan penyebaran covid-19 yang tidak terkendali, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran dari rumah. Pembelajaran daring juga dilaksanakan untuk Program Studi Kedokteran UMY. Hal tersebut sangat menjadi perhatian dikarnakan adanya capainan hasil pembelajaran yang tidak boleh dilewatkan oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan nilai evaluasi belajar mahasiswa laki-laki dan perempuan serta pembelajaran luring dan luring.Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan retrospektif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu hasil evaluasi belajar blok 1-11 mahasiswa kedokteran UMY angkatan 2018 dan 2020. Uji analisis yaitu analisis komparatif Independent Sample T-Test.Hasil : Uji perbedaan nilai mahasiswa laki-laki dan perempuan pembelajaran luring didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,363 (>0,05) sedangkan pada pembelajaran daring didapatkan sebesar 0,054 (>0,05). Nilai signifikansi uji perbedaan pembelajaran luring dan daring didapatkan sebesar 0,001 (Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan nilai evaluasi belajar blok 1-11 yang signifikan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Terdapat perbedaan nilai evaluasi belajar blok 1-11 yang signifikan antara pembelajaran daring dan luring.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Online, Offline, Learning Outcomes, Gender |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:03 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37052 |