OKTARITA DAMAYANTI (2023) DIMENSI DIPLOMASI BUDAYA DALAM IKLAN TOKOPEDIA YANG MEMANFAATKAN BTS DAN BLACKPINK TAHUN 2019-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB)
Bab I.pdf
Download (174kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Popularitas Korean Wave di berbagai negara dimanfaatkan oleh Tokopedia untuk semakin menyebarkan kebudayaan dan produk lokal Indonesia di kancah internasional. Kebudayaan ini berupa bahasa Indonesia dan makanan-makanan khas Indonesia. Tokopedia memanfaatkan public figure dari Korea Selatan yaitu BTS dan Blackpink yang memiliki popularitas dan pengaruh besar untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana Tokopedia memanfaatkan public figure tersebut untuk semakin menyebarkan kebudayaan Indonesia ke negara-negara lain. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Kerja sama ini merilis iklan-iklan dan konten-konten ekslusif yang menggunakan bahasa Indonesia baik bahasa formal maupun bahasa gaul. Tokopedia juga memanfaatkan WIB TV Show Tokopedia untuk memperkenalkan makanan-makanan khas dan produk lokal seperti nasi goreng, sate ayam, rendang, gado gado dan susu Indomilk rasa pisang. Kerja sama ini mendapat respon positif dari warga negara lain. Kerja sama ini sering menjadi trending topic di Twitter, direpost oleh banyak akun penggemar, dan bahkan banyak penggemar yang mulai belajar bahasa Indonesia. Kerja sama ini pun menjadi salah satu diplomasi kebudayaan yang dimanfaatkan oleh Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korean Wave, cultural diplomacy, language, traditional dishes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37055 |