DIMENSI DIPLOMASI BUDAYA DALAM IKLAN TOKOPEDIA YANG MEMANFAATKAN BTS DAN BLACKPINK TAHUN 2019-2021

OKTARITA DAMAYANTI (2023) DIMENSI DIPLOMASI BUDAYA DALAM IKLAN TOKOPEDIA YANG MEMANFAATKAN BTS DAN BLACKPINK TAHUN 2019-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Popularitas Korean Wave di berbagai negara dimanfaatkan oleh Tokopedia untuk semakin menyebarkan kebudayaan dan produk lokal Indonesia di kancah internasional. Kebudayaan ini berupa bahasa Indonesia dan makanan-makanan khas Indonesia. Tokopedia memanfaatkan public figure dari Korea Selatan yaitu BTS dan Blackpink yang memiliki popularitas dan pengaruh besar untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana Tokopedia memanfaatkan public figure tersebut untuk semakin menyebarkan kebudayaan Indonesia ke negara-negara lain. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Kerja sama ini merilis iklan-iklan dan konten-konten ekslusif yang menggunakan bahasa Indonesia baik bahasa formal maupun bahasa gaul. Tokopedia juga memanfaatkan WIB TV Show Tokopedia untuk memperkenalkan makanan-makanan khas dan produk lokal seperti nasi goreng, sate ayam, rendang, gado gado dan susu Indomilk rasa pisang. Kerja sama ini mendapat respon positif dari warga negara lain. Kerja sama ini sering menjadi trending topic di Twitter, direpost oleh banyak akun penggemar, dan bahkan banyak penggemar yang mulai belajar bahasa Indonesia. Kerja sama ini pun menjadi salah satu diplomasi kebudayaan yang dimanfaatkan oleh Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Korean Wave, cultural diplomacy, language, traditional dishes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:39
Last Modified: 24 Oct 2023 06:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37055

Actions (login required)

View Item
View Item