IKA OKTAVIANI RISANTI (2023) PERSEPSI PASIEN TERKAIT TELEDENTISTRY BULAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (BKGN) DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (452kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (606kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Bab I.pdf
Download (92kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang: Trend penggunaan teledentistry meningkat secara siginifikan selama masa pandemi. Banyak penelitian yang memotret persepsi pasien terhadap teledentistry, namun belum ada studi yang meneliti faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut.Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran teledentistry Bulan Kesehatan Gigi Nasional di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Yogyakarta serta faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pasien terhadap teledentistry.Metode: Tipe penelitian merupakan analisis deskriptif dengan desain cross sectional. Sebanyak 170 responden mengisi kuesioner berisi data sosiodemografi dan pernyataan dengan skala likert terkait dengan lima domain persepsi teledentistry. Data kemudian dianalisis uji korelasi dengan SPSS dan uji model dengan SEM-PLS.Hasil: Persentase domain dengan persepsi setuju paling tinggi adalah domain keandalan sistem teledentistry yang berjumlah 50.6%. Sebaliknya, persentase domain dengan persepsi tidak setuju paling tinggi adalah kemudahan penggunaan yang berjumlah 37,1%. Dalam penelitian ini faktor jenis kelamin, pengalaman, dan lingkungan fisik tidak menunjukkan adanya korelasi yang signifikan. Sedangkan usia dan tingkat pendidikan menunjukkan korelasi yang signifikan sebesar 0.001 dan 0.005 dengan level siginifikansi 0.05 pada pengujian dengan SPSS. Usia dan tingkat pendidikan sebagai faktor internal memiliki koefisien faktor sebesar 0.304 terhadap persepsi teledentistry menggunakan uji model SEM-PLS.Kesimpulan: Domain dengan persepsi setuju paling tinggi adalah keandalan sistem, sedangkan persepsi tidak setuju paling tinggi adalah domain kemudahan penggunaan. Usia dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap persepsi teledentistry pasien. Meski demikian, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah kelompok responden yang lebih seimbang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Telemedicine; teledentistry; teleconsultation; health services; perception |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 02:03 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 02:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37066 |