KAJIAN ATAS BARANG UMPAN (DECOY PRODUCT) DALAM HUKUM PERSAINGAN USAHA DAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

AFRILIA CAHYANI (2023) KAJIAN ATAS BARANG UMPAN (DECOY PRODUCT) DALAM HUKUM PERSAINGAN USAHA DAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Generasi milenial dan generasi Z cenderung mengalami dampak negatif decoy effect, sehingga dibutuhkan hukum perlindungan konsumen. Penelitian ini bertujuan membuktikan kecenderungan dampak negatif dari decoy effect, dan pentingnya perlindungan konsumen melalui literasi digital. Pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian generasi milenial dan generasi Z yang diberikan pilihan produk yang ditawarkan dengan menggunakan barang umpan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Responden cenderung terjebak pada decoy effect, sehingga konsumen berhak tahu sebelum mengambil keputusan, Masyarakat mengetahui dan memberikan saran-saran atau kritikan, dan pemerintah menyusun kebijakan terkait dengan perlindungan konsumen. Implikasinya adalah undang-undang perlindungan konsumen yang ada harus mengikuti market signal, fleksibel, dan rasional berbasis literasi digital. Kepastian hukum sebagai bentuk perlindungan hukum konsumen untuk mencapai kesetaraan dalam perikatan sebagai konsep bagi yang bertransaksi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Decoy Effect; Digital Literacy; Consumer Protect
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Hukum S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:21
Last Modified: 24 Oct 2023 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37078

Actions (login required)

View Item
View Item