EFEKTIFITAS PENDEKATAN MINDFUL LEARNING TERHADAPHASIL BELAJAR BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN PADASISWA KELAS VII DI PPM MUHAMADIYAH BOARDING SCHOOLPLERET)

AZ ZAHRA NADHIFA (2023) EFEKTIFITAS PENDEKATAN MINDFUL LEARNING TERHADAPHASIL BELAJAR BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN PADASISWA KELAS VII DI PPM MUHAMADIYAH BOARDING SCHOOLPLERET). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar di kelas menuntut guru untuk kreatif dalam mengembangkan variasi terhadap pendekatan, maupun metode yang digunakan. Tujuannya, agar siswa aktif dalam pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak berjalan secara monoton dan membosankan. Pendekatan mindful learning merupakan salah satu pendekatan yang digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan fokus dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis perbedaan hasil belajar Bahasa Arab dengan pendekatan mindful learning pada kelas eksperimen antara pre test dan post test 2) Menganalisis apakah mindful learning efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasieksperimental. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII PPM Muhammadiyah Boarding school Pleret dengan jumlah 54 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar Bahasa Arab dengan pendekatan mindful learning pada kelas eksperimen antara pre test dan post test mengalami perbedaan, dari mean nilai pre test 41,00 menjadi 74,37 saat post test. Hasil uji wilcoxon, menunjukkan nilai sig, 0,000 atau 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Arab pada kelas eksperimen dengan pendekatan mindful learning. 2) Hasil uji mann whitney menunjukkan nilai sig, 0,001 atau 0,001 < 0,05 yang artinya mindful learning efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Mindful Learning, Learning Outcomes, Arabic
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:35
Last Modified: 24 Oct 2023 06:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37119

Actions (login required)

View Item
View Item