AZ ZAHRA NADHIFA (2023) EFEKTIFITAS PENDEKATAN MINDFUL LEARNING TERHADAPHASIL BELAJAR BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN PADASISWA KELAS VII DI PPM MUHAMADIYAH BOARDING SCHOOLPLERET). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (382kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
Bab I.pdf
Download (134kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (413kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Proses kegiatan belajar mengajar di kelas menuntut guru untuk kreatif dalam mengembangkan variasi terhadap pendekatan, maupun metode yang digunakan. Tujuannya, agar siswa aktif dalam pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak berjalan secara monoton dan membosankan. Pendekatan mindful learning merupakan salah satu pendekatan yang digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan fokus dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis perbedaan hasil belajar Bahasa Arab dengan pendekatan mindful learning pada kelas eksperimen antara pre test dan post test 2) Menganalisis apakah mindful learning efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasieksperimental. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII PPM Muhammadiyah Boarding school Pleret dengan jumlah 54 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar Bahasa Arab dengan pendekatan mindful learning pada kelas eksperimen antara pre test dan post test mengalami perbedaan, dari mean nilai pre test 41,00 menjadi 74,37 saat post test. Hasil uji wilcoxon, menunjukkan nilai sig, 0,000 atau 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Arab pada kelas eksperimen dengan pendekatan mindful learning. 2) Hasil uji mann whitney menunjukkan nilai sig, 0,001 atau 0,001 < 0,05 yang artinya mindful learning efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Mindful Learning, Learning Outcomes, Arabic |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:35 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37119 |