ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA TERHADAP IKLAN JASA DAN LOWONGAN KERJA EDISI 4 MARET - 4 APRIL 2022

FAJAR MAHANANI (2023) ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA TERHADAP IKLAN JASA DAN LOWONGAN KERJA EDISI 4 MARET - 4 APRIL 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Iklan merupakan pesan persuasif yang berfungsi agar khalayak tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Namun, saat ini masih banyak ditemukan iklan yang tidak mematuhi regulasi periklanan khususnya Etika Pariwara Indonesia. Penelitian ini meneliti tentang pelanggaran Etika Pariwara Indonesia yang ada pada Surat Kabar Harian Tribun Jogja edisi 4 Maret - 4 April 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran dan mendeskripsikan frekuensi pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan Jasa dan Lowongan Kerja Surat Kabar Harian Tribun Jogja edisi 4 Maret - 4 April 2022.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode analisis isi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua iklan jasa dan lowongan kerja yang terdapat pada Surat Kabar Harian Tribun Jogja edisi 4 Maret -4 April 2022, yang berjumlah 154 iklan. Dari keseluruhan populasi iklan yang digunakan pada penelitian ini dilakukan sensus, kemudian ditemukan sebanyak 87 iklan yang terdapat pelanggaran, dengan jumlah pelanggaran sebanyak 113, yang dibagi menjadi 7 kategori pelanggaran. Pada penelitian ini dijelaskan secara rinci jenis-jenis pelanggaran Etika Pariwara Indonesia melalui uji reliabilitas dengan menggunkan rumus Holsti untuk mengetahui presentase persetujuan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelanggaran adanya diskriminasi atas suku, jenis kelamin, agama, atau ras paling banyak melakukan pelanggaran yaitu sebanyak 61 pelanggaran dengan persentase sebesar 53,99%. Sedangkan, pelanggaran paling sedikit adalah pelanggaran pada menjanjikan kesembuhan yaitu sebanyak 1 pelanggaran dengan persentase sebesar 0,89persen dari jumlah keseleruhan total pelanggaran yang ada pada iklan jasa dan lowongan kerja dalam SKH Tribun Jogja edisi 4 Maret - 4 April 2022 yaitu sebanyak 113 pelanggaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Advertising, Etika Pariwara Indonesia, Tribun Jogja Daily Newspaper
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:30
Last Modified: 24 Oct 2023 06:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37123

Actions (login required)

View Item
View Item