REPRESENTASI PEREMPUAN BATAK TOBA DALAM FILM NGERI NGERI SEDAP 2022

FARID ANDIKA TIMOR PANGESTU (2023) REPRESENTASI PEREMPUAN BATAK TOBA DALAM FILM NGERI NGERI SEDAP 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana representasi perempuan Batak Toba yang ditampilkan dalam Film Ngeri Ngeri Sedap 2022, yang menceritakan Film ini bercerita Pak Domu dan Mak Domu yang tinggal bersama anak perempuannya di Sumatra Utara. Mak Domu menginginkan tiga anak laki-lakinya yang sedang merantau yaitu Domu, Gabe dan Sahat bisa kembali pulang. Hubungan mereka yang berkonflik dengan Pak Domu membuat mereka bertiga tidak ingin kembali ke rumah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode semiotika. Metode semiotika digunakan untuk pemaknaan lambang-lambang dalam teks media dan untuk melihat bentuk komunikasi yang diperlukan sebagai sistem tanda. Objek penelitian berupa film Ngeri Ngeri Sedap 2022 yang disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk yang memiliki durasi 1 jam 54 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi pustaka. Dalam proses menganalisis data menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Ngeri Ngeri Sedap 2022 merepresentasikan perempuan Batak Toba sebagai peran pendamping suami. Dari sudut pandang ketika perempuan menjadi istri yang harus menuruti kemauan suami dan tidak boleh dibantah. Kemudian perempuan Batak Toba dalam merawat orang tua dan keluarga. Disini anak perempuan direpresentasikan sebagai anak perempuan satu-satunya tidak boleh merantau untuk bekerja. Sarma rela meninggalkan cita-cita, kekasih, serta menuruti kemauan Pak Domu demi mengurus kedua orang tuanya di rumah. Kemudian merepresentasikan perempuan Batak Toba dalam Perlawanan domestifikasi Mak Domu meminta untuk bercerai karena resah dengan patrarki kepemimpinan Pak Domu yang semena-mena dalam keluarganya. Hal tersebut menandakan bahwa perempuan Batak Toba memiliki kekuatan untuk melawan patriarki untuk mendapatkan hak-haknya sebagai perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Representation, Women, Batak Toba, Patriarchy, Film
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:21
Last Modified: 24 Oct 2023 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37130

Actions (login required)

View Item
View Item